Algojo Cambuk Sudah Terlatih Lakukan Eksekusi

Share:
FOTO:wasatha.com/Yanti

WASATHA.COM – Algojo yang dipilih untuk proses hukuman cambuk telah dilatih dan diberikan persiapan agar tidak ada kesalahan dalam proses penyambukan. Eksekusi ini berlangsung di Masjid Syuhada Lamgugop, Banda Aceh (23/5/2017).

“Lima algojo yang telah di persiapkan untuk eksekusi hukuman cambuk ini sudah dilatih dan diberikan persiapan. Agar, tidak ada kesalahan saat pelaksanaan hukuman cambuk itu berlangsung.” Ujar Yusnardi selaku Kasatpol PP/WH Banda Aceh.

Pelaksanaan eksekusi cambuk ini dilakukan terhadap 10 orang terpidana, diantara empat pasangan khalwat dan satu pasangan homoseksual.

Untuk pasangan homoseks MT(23) dan MH (20) diputuskan Mahkamah Syariah dengan 85 kali cambuk dan dikurangi masa tahanan tiga kali sehingga menjadi 82 kali.

Sementara itu, untuk pasangan SI (24) dan WY (27) dicambuk 25 kali dikurangi tiga kali untuk masa tahanan menjadi 22 kali, pasangan MY (23) dan VR (22) dihukum 27 kali setelah dikurangi masa tahanan. Pasangan HS(26) dan AR(20) dihukum 26 kali cambuk setelah dikurangi masa tahanan. Sedangkan pasangan MK (27) dan FR (29) dihukum 29 kali setelah menerima pengurangan masa tahanan satu kali.

Seribuan massa juga terlihat antusias menyaksikan langsung pelaksanaan hukuman cambuk terhadap pelanggar qanun syariat Islam tersebut.

Faerhah, seorang mahasiswi yang menyaksikan prosesi hukuman tersebut mengatakan, saat menyaksikan hukum cambuk, kita sebagai manusia pasti mempunyai hati sangat iba atas hukuman tersebut. Akan tetapi kita harus menaati aturan yang ada di Aceh.


Ia juga berharap, semoga tidak ada lagi orang-orang melanggar aturan yang ada di Aceh dengan syariat islam yang sudah ditetapkan. [Rahma Yanti]/Tek

Baca Juga :

Pertama di Aceh Pasangan Homoseks Dihukum 85 Kali Cambuk