Ads Header

Breaking News

Muslimah Wajib Tau ! Dalam Islam, Wanita Punya Dua Model Pakaian

[FOTO : Google]
FUNGSI Pakaian tak hanya sebagai penutup tubuh, pemberi perlindungan  dari sinar matahari dan kedinginan, pakaian juga dijadikan sebagai identitas seseorang yang didalamnya terkandung didikan moral yang tinggi atas ungkapan rasa malu bahkan bangga.

Tak heran, jika saat ini banyak kita jumpai beraneka kreasi pakaian dirancang dengan berbagai model dan jenis sesuai dengan kebutuhan kehidupan.

Mengenai model semua pakaian, dalam Islam tidak memberi batasan, namun islam telah mengatur sendiri bagaimana pakaian yang indah dan tepat untuk digunakan wanita  sesuai dengan kebutuhan kehidupannya.


Berikut model pakaiannya

Pertama, saat berada dirumahnya.

Dalam melakukan aktivitas-aktivitas didalam rumah yang biasa dilakukan bersama dengan mahramnya, wanita muslimah tidak perlu menutup aurat dengan pakaian lengkap sebagaimana pakaian keluar rumah, karena Allah membolehkan mahram wanita muslimah untuk melihat bagian tubuh wanita sampai batas tempat melekat perhiasanya atau bagian tubuh yang menjadi anggota wudhu seperti (leher, pergelangan tanggan ataupun (pergelangan kaki).


Seperti Firman Allah dalam Al-Quran :

“Dan janganlah menampakan perhiasannya ( auratnya), kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau perempuan-perempuan islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan,” [QS Al-Nur Ayat 24:31].

Kedua, ketika melakukan aktivitas umum atau berada ditempat-tempat umum.

Ketika bertemu dan berinteraksi dengan non mahram, wanita muslimah diwajibkan mengenakan pakaian yang menutup aurat sesuai dengan syariah, yaitu jilbab.


Jilbab itu merupakan pakaian gamis pakaian luas yang terulur menutupi tubuh, dan dilengkapi dengan khimar yang menutupi kepala leher hingga dadanya.

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin” hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka “ yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak di gangu, dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang,” [QS Al-Ahzab 33 : 59].

Seperti yang telah diterangkan dalam Al-Quran “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu selalu ingat,” [QS Al-Nur 24 : 27 ]

Maksud dari kehidupan khusus seperti yang dikutip dalam catatan Felix Y. Siauw, bahwa bila seseorang meminta izin untuk masuk kedalamya, dimana wanita beraktivitas bersama mahramnya atau bersama wanita muslimah lainnya, seperti rumah dan kos.

Dan dikatakan kehidupan umum bila seseorang tidak memerlukan izin untuk berada didalamnya.

Maka cukuplah dua model pakaian bagi wanita muslimah dalam islam, hal ini disesuaikan Allah dengan kehidupan wanita yang telah dibagi menjadi dua kehidupan diantaranya  kehidupan umum (Hayatul’am) dan kehidupan khusus (hayatul khash). [Inda Silviana | Tek]