Ini Dia Dalgona Coffee, Kopi Viral Di Tengah Pandemi Corona

Share:

Di rumah aja membuat para penikmat kopi kehilangan waktu ngopinya di warkop dan cafe sertakopi andalannya, jangan khawatir berikut ini ada tips sebagai pengganti kopi andalan di cafe kesayangan untuk ngopi cantik ala cafe.

                                 Foto : Brilicious-brilio.net

Pernah dengar Dalgona Coffee ? Dalgona Coffee merupakan minuman yang menjadi trend baru di tengah pandemik COVID-19 ini. Kopi ala rumahan ini bisa menjadi pengganti para penikmat kopi, yang biasa nongkrong di warung kopi (warkop) atau cafe.


Dikarenakan masyarakat dihimbau untuk di rumah saja, Dalgona coffee ini bisa mengobati rindu kopi ala cafe. Biaya yang diperlukan untuk membuat Dalgona Coffe pun tidak perlu merogoh kocek dalam dan bahannya mudah didapatkan.


Membuat Dalgona Coffee ini juga menjadi salah satu alternatif mengisi waktu luang selama di rumah saja. Daripada terus menerus rebahan tidak ada salahnya jika mencoba dan berkreasi membuat kopi yang sedang viral satu ini.

Cara membuat Dalgona Coffee sangat mudah sekali hanya membutuhkan tiga bahan utama. Yakni kopi instan (bisa menggunakan Cappuccino ataupun Nescafe), gula dan fresh milk. Sensasi ngopi yang dituangkan dalam gelas juga menjadi berbeda karena racikan sendiri dan kreativitas sendiri.

Penikmat kopi di rumah bisa menyiapkan bahan – bahan untuk membuat Dalgona Coffee. Kopi instan, gula dan air panas dimasukkan dalam satu wadah dengan takaran satu banding satu, kemudian aduk menggunakan saringan kecil hingga berubah warna menjadi pucat selama 3,5 menit. jika hasilnya ingin lebih cepat mengembang maka harus menggunakan mixer. Namun jika ingin manual membutuhkan waktu yang agak sedikit lama.

Jika sudah mengental, tinggal siapkan es batu di dalam gelas. Lalu tuangkan fresh milk tersebut. kemudian hasil mixing antara kopi instan, gula dan air panas tadi dituangkan ke dalam gelas, dan tambahkan sedikit lukisan-lukisan di atasnya atau taburan-taburan toping agar lebih berasa ala cafenya.

Mudah bukan? Masyarakat yang sedang di rumah aja bisa langsung menikmati Dalgona Coffee hasil racikan sendiri. Pasalnya, Dalgona coffee sendiri belum diperjual-belikan di kedai-kedai kopi setempat akibat wabah corona ini.

Perbedaannya dengan kopi pada umumnya, pembuatan Dalgona tidak harus dengan alat – alat yang super canggih dan mahal. Biasanya kopi ala cafe dibuat dengan menggunakan mesin espresso, tapi jika kita membuat Dalgona Coffee ini tidak membutukan mesin espresso. [Nanda Fitriana | Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry].

BACA JUGA :

No comments