Ads Header

Breaking News

Sering Lupa Baca Do’a Masuk Kamar Mandi? Ketahuilah Ini Akibatnya



DALAM kehidupan yang kita jalani, banyak aktivitas yang dilakukan ada faedahnya, sekalipun ketika kita hendak ke WC. Akan tetapi, ketika hendak kekamar mandi harus membaca do’a masuk WC.

Mungkin telah dipelajari oleh sebagian besar umat muslim ketika masih kanak-kanak. Namun seiring berjalannya waktu, kita menjadi lalai bahkan lupa mengamalkannya. Bukan karena kita tidak hafal, tetapi karena kita cuek dan tidak mau perduli. Sebenarnya, hal mendasar untuk membangun kesadaran dalam mengamalkan sunnah yang diajarkan Rasulullah adalah : mengetahui faidah atau keutamaan dari amalan tersebut.


Amalan membaca do’a ketika masuk toilet juga penting untuk kita ketahui apa faedahnya. Dengan demikian, kita senantiasa akan ingat apa resikonya jika kita tidak melakukannya. Bahkan akan menjadi risih jika kita terlupa membacanya.

Sebelumnya, ini adalah do’a masuk toilet yang diajarkan Rasulullah :

“Allahumma inni innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits. Artinya : “ Ya Allah, aku berlindung dari gangguan setan laki-laki dan setan perempuan”.

Kenapa kita harus berlindung dari setan laki-laki dan setan perempuan? Ternyata, kamar mandi adalah sarangnya setan. Jika kita bisa melihatnya, mungkin kita akan merasa sesak karena terlalu banyak mereka didalam sana. Sedangkan kamar mandi adalah tempat kita melakukan hal-hal yang sangat pribadi. Tentu kita tidak ingin ada orang yang melihat kita. Entah itu laki-laki maupun perempuan.



Relakah kita membuka pakaian lalu diintip oleh banyak makhluk ghaib yang tak kasat mata? Mereka melihat apa yang kita sembunyikan dari orang-orang. Mereka melihat kita mandi, melihat kita buang air dan semacamnya.

Bukan hanya itu, kemungkinan setan itu akan menggoda kita untuk melakukan hal-hal buruk lainnya. Misalnya ketika kita sedang duduk buang air besar. Saking lamanya duduk, kita dibisiki hal-hal negatif. Sehingga terpikir yang bukan-bukan. Berapa banyak ide-ide busuk yang didapatkan ketika kita sedang duduk di kamar mandi? Itu tidak lain karena kerjaan si setan-setan tadi.


Nah, dengan membaca doa sebelum memasuki kamar mandi atau toilet. Kita terhindar dari hal-hal buruk diatas. Kita tidak diintip, dan juga tidak dibisiki oleh setan. Begitulah sunnah menjaga kita dari setan bahkan dikamar mandi sekalipun. Jika kita ingin benar-benar sendirian dikamar mandi, maka usirlah setan-setan itu dengan membaca do’a masuk WC yang telah kita hafalkan dan pelajari sejak kecil.

Ingatlah selalu, bahwa didalam kamar mandi yang tampak kosong itu selalu ada mereka yang tak terlihat. Bacalah do’a sebelum memasukinya. Wallahu’alam. [Nurhalimah| Teuku]