Ads Header

Breaking News

Ternyata Makeup Bisa Menjadi Penyebab Wudhu Tidak Sah

 Foto : Google

PEREMPUAN adalah makhluk yang sangat peduli akan penampilan terutama di bagian wajah. Namun, ada juga sebagian perempuan yang tidak terlalu peduli dengan kecantikannya. Tetapi secara garis besar atau kebanyakan wanita sangat mementingkan kecantikannya.

Tidak cukup hanya memakai bedak dan lipstick namun banyak lagi yang di pakai perempuan agar terlihat cantik dan menarik, tak ketinggalan mascara dan juga eyeliener, dua alat make up ini sangat diandalkan oleh sebagian kaum hawa guna membuat tampilan lebih terlihat menarik di sekitar area mata.

Tapi tahukah anda, sebagai seorang muslimah kita pastinya mengerjakan shalat lima waktu, lantas bagaimanakah dengan alat-alat makeup yang kita pakai khususnya mascara dan eyeliener ?
Apalagi yang standarnya waterproof?

Mendengarnya saja pasti kita sudah tau bahan yang di gunakan dalam mascara  dan eyeliener tersebut tahan terhadap air, sering kali kita melupakan bahwa saat kita berwudhu artinya kita menyucikan diri dari hadas kecil, begitu pula dengan bekas mascara, sudah seharusnya kita memakai produk mascara yang halal dan bukan waterproof yang sejatinya adalah bahan yang tahan air, bila kita memakai mascara yang yang waterproof sudah pasti wudhu tidak sah karena air yang sejatinya membersikan dari kotoran-kotoran yang terdapat di wajah tidak akan membersikan secara sempurna, begitu pula dengan eyeliener.

Lantas bagaimana cara memilih mascara namun halal dalam ajaran Islam?

“Dan adapun para wanita kami, dan mereka memasang khidhop, apabila mereka telah selesai shalat ‘isya kemudian melepaskan dari tangan mereka untuk shalat shubuh. Kembali memasangnya sampai shalat dhuhur, sehingga mereka bisa kembali membaguskan pemakaian khidhop dan tidak menghalangi shalat mereka,” (Atsar ini di riwayatkan imam Abdurrozzaq dengan sanad yang shahih).

Sudah seharusnya untuk kaum hawa yang memakai make up khususnya mascara dan eyeliener tapi pilihlah bahan yang halal dan tidak mengandung minyak babi dan juga tidak berstandar waterproof. Jika ingin terlihat cantik di setiap kesempatan bisa memakai kembali mascara maupun eyeliener yang bukan waterproof setelah selesai mengerjakan shalat di setiap waktunya.

Terlihat lebih cantik dan menarik bukan berarti tidak bisa menggunakan makeup. Sebagai muslimah sejati harus bisa memilih dan memilah mana yang cocok dan mana yang tidak cocok untuk digunakan, alas kecantikan tetap bisa kita gunakan dan pastinya tidak menghalangi saat mengambil air wudhu’.[Yuly Santi]/Dhi


Baca Juga :

Makna Dibalik Tetesan Air Mata Seorang Wanita