Inilah Minuman Yang Menjadi Buruan di Bulan Ramadhan

Foto Google

PADA bulan yang suci ini, kaum muslim memang sangat megejar yang namanya amalan yang di ridhai Allah. Disamping itu, masyarakat juga memburu takjil untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah es Cincau.

Es cincau merupakan salah satu minuman yang mungkin tidak pernah terlewatkan untuk hidangan berbuka puasa. Minuman ini memang menjadi salah satu minuman yang tergolong wajib ada saat berbuka puasa.

Siapa yang tidak kenal dengan cemilan khas bulan ramadhan ini? Berwarna hitam pekat, Semua orang tentunya tau dengan jenis makanan yang satu ini.

Kata “cincau” berasal dari dialek Hokkian Sienchau (pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan tionghoa di asia tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp) yang digunakan menjadi bahan pembuatan Jelly.

Cincau ini terbuat dari bahan dasar tepung kanji dan air rebusan daun cincau membuatnya begitu sejuk dan segar alami untuk dinimati.

Tentunya, jenis makanan ini banyak diburu masyarakat di bulan puasa karena kandungannya dapat mengendalikan hipertensi atau penyakit darah tinggi. Zat-zat yang terkandung dalam cincau hijau dapat dimanfaatkan sebagai minuman penyegar. Daunnya juga mengandung karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida juga lemak. Kalsium fosfor, vitamin A dan B juga merupakan kandungan daun cincau ini.

Dalam bulan yang penuh berkah ini, tidak heran lagi pembuat cincau diserbu pelanggan dan pembeli karena harus memproduksi cincau ini dua kali lipat.

Ichsan, seorang pembuat cincau di pabrik cap bintang, blower mengatakan kepada wasatha.com, pabrik yang berdiri sejak enam tahun lalu ini, telah banyak meraup keuntungan dalam jumlah yang besar. Karena untuk bulan puasa ini bisa mencapai 8-15 kali produksi setiap harinya dibanding hari biasanya yang hanya 3-4 kali. Apalagi harga yang ditawarkan juga terbilang sangat murah hanya Rp. 18.000/kaleng kita sudah bisa membawa pulang makanan segar ini dan tentunya tidak lupa bahwa cincau ini bisa tahan hingga seminggu kalau masih dalam kaleng, dan lebih lama lagi jika dimasukkan dalam kulkas. [Zulya Asyifa]/Tek

Baca Juga :

Ramadhan bukan Untuk Bermalas-Malasan

Inilah Minuman Yang Menjadi Buruan di Bulan Ramadhan Inilah Minuman Yang Menjadi Buruan di Bulan Ramadhan Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Mei 28, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.