Iklan

Iklan

Telepon, Dari Mana Bermula?

11/10/20, 17:28 WIB Last Updated 2020-11-10T10:46:23Z


ABAD ini siapa yang tidak memiliki telepon genggam? hampir semua orang di Indonesia memilikinya sebagai alat komunikasi yang menghubungkan satu sama lainnya secara pribadi. Setiap kita dapat terhubung dengan mudah, apalagi teknologi canggih ini juga memberikan layanan yang mudah bagi manusia.


Sebelum era seperti sekarang dimana telepon sudah sangat canggih dengan model smartphone yang terus menawarkan fitur-fitur yang baru, sejarah telepon dimulai dari penemuan spektakuler yang mengubah dunia.


Awalnya, telepon merupakan pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya. Telepon di awal mula hanya beroperasi menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya


Pada tahun 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuan sound telegraph sebagai cikal bakal telepon, di mana orang berkomunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel.


Barr pada tahun 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit. Tahun 1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.


Secara berturut-turut pada tahun berikutnya penyempurnaan akan telepon terus berkembang, Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Ia dikenal sebagai penemu telepon tahun 1876 di Amerika Serikat. Tetapi menurut Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon.


Tahun 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi. 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.


Teknologi telepon terus berkembang di mana Telepon IP (Internet Protocol) yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu.


Saat ini, setelah melewati tahun yang panjang, teknologi telepon sudah beralih dengan sistem pengoprasian yang sangat canggih dengan ditemukannya telepon genggam atau telepon seluler.  Perangkat telekomunikasi elektronik ini mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana aias mobile.  




Penemu telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.


Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, telepon genggam umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka.


Saat ini, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini telepon genggam juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G, 4G).


Selain fitur-fitur tersebut, telepon genggam sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di telepon genggam tersebut, orang bisa mengubah fungsi telepon genggam tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.


Pada 2000-an, platform i-mode NTT DoCoMo, BlackBerry, platform Symbian Nokia, dan Windows Mobile mulai mendapatkan daya tarik pasar, dengan model yang sering menampilkan papan ketik QWERTY atau input layar sentuh resistif, dan menekankan akses untuk notifikasi email dan internet nirkabel.


Sejak peluncuran iPhone pada tahun 2007, sebagian besar smartphone telah menampilkan bentuk yang tipis, seperti batu tulis, dengan layar kapasitif yang besar dengan dukungan untuk gerakan multi-sentuh daripada keyboard fisik, dan menawarkan kemampuan bagi pengguna untuk mengunduh atau membeli aplikasi tambahan dari toko terpusat, dan menggunakan penyimpanan awan dan sinkronisasi, asisten virtual, serta layanan pembayaran seluler. [arif ramdan]


BACA: 

Apa itu Teknologi Komunikasi?

Telegraf Teknologi Pengirim Pesan Zaman Baheula

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Telepon, Dari Mana Bermula?

Terkini

Topik Populer

Iklan