Iklan

Iklan

Apa Itu Teknologi Komunikasi?

10/16/20, 08:53 WIB Last Updated 2020-10-16T10:15:09Z



SAAT ini kita berada pada era lompatan teknologi yang sangat pesat perkembangannya, tiori pada buku-buku ajar terlewati jauh dengan kemajuan teknologi itu sendiri yang setiap saat terus berubah berkembang, dan hadir dalam banyak wujud yang baru.

Kemajuan teknologi juga telah memberikan sumber (resources) informasi dan komunikasi yang amat luas dari apa yang telah dimiliki manusia. Kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi merupakan hal yang menjadi kebutuhan tidak kalah penting dari sandang dan pangan manusia.

Alvin Toffler menyebutkan saat ini manusia telah memasuki era yang disebutnya the third wave (gelombang ketiga), di mana semua aktivitas manusia tidak terelakan dari keterlibatan fungsi teknologi untuk mencapai satu tujuan yang diinginkan. [Untuk mendalami kehidupan gelombang ketiga, dapat membaca buku Alfin Toffler, The Third Wave].

Tulisan ini saya rangkum dari sejumlah bacaan untuk melengkapi slide presentasi pada kuliah daring Teknologi Komunikasi pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Artikel ini menguraikan detail dari bahan kuliah yang sudah saya bagikan pada Google Classroom.

Untuk menjelaskan apa itu Teknologi Komunikasi, terlebih dahulu kita uraikan perkata, agar dapat utuh dipahami sebagai sebuah defenisi. Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] menjelaskan bahwa teknologi merupakan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu terapan; teknologi dapat diartikan juga sebagai suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sementara Komunikasi, dipahami sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan dimaksud dapat dipahami. Komunikasi juga berarti hubungan atau kontak. Defenisi ini merupakan salah satu dari sekian banyak pengertian komunikasi yang bisa kita baca pada banyak literatur.

Jadi, Teknologi Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu peralatan keras (hardware) pada sebuah struktur organisasi yang memiliki kandungan nilai-nilai sosial yang dapat memungkinkan setiap orang untuk mengumpulkan, memproses, hingga saling bertukar informasi satu dengan yang lain.

Teknologi komunikasi berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan modulasi, hingga informasi dapat disebarkan dengan cepat dan tepat. Segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data atau pesan dari perangkat yang satu ke lainnya, juga disebut sebagai teknologi komunikasi.

Everett M. Rogers (1986:2) menyebutkan Teknologi Komunikasi merupakan perangat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai -nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan melakukan saling tukar informas dengan individu lain.

Karakteristik dari Teknologi Komunikasi menurut Rogers antara lain; berkaitan dengan perangkat keras atau alat, muncul dalam suatu struktur ekonomi,sosial dan politik tertentu, membawa nilai-nilai tertentu dari struktur di atas. dan berhubungan dengan perangat keras di bidang komunikasi.

Sebagai perangkat keras, maka Teknologi Komunikasi mengkondisikan penggunanya untuk melakukan demassifikasi dalam mengontrol pesan, menyesuaikan dengan standar teknis pemakaian teknologi komunikasi serta meningkatkan interaksi dengan individu tanpa hambatan jarak.

Untuk apa Teknologi Komunikasi digunakan? untuk memindahkan informasi dari sumber ke penerima. Contoh teknologi komunikasi adalah telepon dan televisi. Ia berfungsi untuk memudahkan individu satu dengan individu yang lainnya agar dapat menjalin komunikasi yang lebih baik meskipun terpisahkan oleh jarak.


Pada kajian ini, kita juga akan disodorkan kepada beberapa perbedaan istilah yang akan sedikit membingungkan jika tidak diuraikan terlebih dahulu. Seperti beda Teknologi Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Media Komunikasi. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing istilah di atas;

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi informasi digunakan untuk mengolah informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer, Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh.

Teknologi komunikasi ditekankan pada “bagaimana” suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.

Media komunikasi merupakan sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan.

Sampai di sini, terlihat jelas perbedaan teknis yang dapat dikenali dari masing-masing istilah di atas. Insya Allah, materi lanjutan mengenal perangkat Teknologi Komunikasi dari baheula hingga era modern saat ini. [arif ramdan | Dosen Pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry]


BACA JUGA:

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Apa Itu Teknologi Komunikasi?

Terkini

Topik Populer

Iklan