INH

Iklan

Iklan

Puspa Aceh Gelar Baksos di Beutong Ateuh

1/02/20, 22:02 WIB Last Updated 2020-01-03T08:03:09Z

Oleh: Oni Deliana

WASATHA.COM, Suka Makmue - Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Keumalahayati Aceh mengelar bakti sosial yang bertajuk ‘Puspa Berbagi’ selama dua hari, Senin-Selasa (31-1/1/2020) di Beutong Ateuh, Nagan Raya.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab untuk mempererat hubungan Puspa dengan publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak di Aceh.

Ketua Forum Puspa Aceh Amrina Habibi dalam sambutannya malam itu memperkenalkan profil lembaga Puspa yang fokus pada tiga isu tree ends.

“Kita harus mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri trafficking perdagangan manusia serta akhiri ketidakadilan ekonomi bagi perempuan melalui program tree ends,” ujarnya.

Amrina juga menyebutkan sekitar 33 perempuan, kepala keluarga dan 16 disabiltas di kecamatan Beutong Ateuh mendapatkan santunan dari Forum Puspa.

“Santunan ini merupakan bagian dari kegiatan berbagi Puspa dengan dukungan dari anggota Forum dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh (DPPPA) dan Dinas Sosial (Dinsos) Aceh yang ikut menyumbang empat kursi roda yang dibagikan kepada dua disabilitas dan juga dua lansia,” jelasnya.


Beberapa rangkaian acara yang dilakukan dalam baksos ini adalah temu ramah dan sosialisasi perangkat hukum perlindungan perempuan dan anak yang dilakukan didepan masjid Desa Puuk dan terintegrasi dengan penutupan MTQ.

Sementara itu dihari kedua kegiatan dimulai dari safari subuh lalu dilanjutkan dengan gotong royong didua lokasi yaitu masjid Desa Puuk dan tugu Cut Nyak Dhien dan dibarengi dengan kegiatan penanaman ‘1 pohon 5 generasi’.

Disela-sela acara Amrina juga memperkenalkan program inovasi Puspa Aceh yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Menteri Negara pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Repeublik Indonesia pada perayaan puncak hari ibu ke 91 di Semarang Jawa Tengah sebagai salah satu kegiatan inovasi.

“Penanaman pohon ini dibarengi dengan edukasi manfaat dari pohon dan penjelasan kepada anak-anak sekitar yang ikut menanam,” katanya.

Selain itu tugu Cut Nyak Dhein dan napak tilas Cut Nyak Dhien juga menjadi objek baksos Puspa Keumalahayati Aceh yang langsung dikomandoi oleh Komandan  Danki B Yonif 116 dan Lettu Inf Yanyan Mulyana.  


Amrina berharap melalui kegiatan ini dapat memberi banyak manfaat terutama buat masyarkat Beutong Ateuh yang masih cukup terisolir.

“Negeri yang sangat indah, monumental sejarah, masyarakat yang sangat ramah, makanan dan ikan kerling serta derasnya arus sungai adalah sesuatu yang membuat orang harus kembali dan membuat Beutong Ateuh harus maju,” tandasnya.

Adapun kegiatan berbagi Puspa ini turut didampingi Danki B Yonif 116 dan Lettu Inf Yanyan Mulyana, Kabag Humas dan Protokol Nagan Raya, M Maksum dan Danposramil setempat. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puspa Aceh Gelar Baksos di Beutong Ateuh

Terkini

Topik Populer

Iklan