Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Gelar PELITA

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh – Pekan Literasi Teknologi dan Informasi Mahasiswa (PELITA) ke III tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry secara resmi dibuka pada malam selasa 10 Desember 2019 di pelataran UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 10-14 Desember 2019 yang dipusatkan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, ICT Center UIN Ar-Raniry dan aula Teater Museum UIN Ar-Raniry.

Ketua pelaksana PELITA, Imam Fadhil dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan PELITA ke III ini mengusung tema “meningkatkan budaya literasi untuk generasi Aceh yang lebih bersinergi”.

Selama sepekan, kata Imam Fadhil pihaknya menggelar berbagai kegiatan mulai dari pelatihan, talkshow, dan berbagai perlombaan untuk meningkatkan minat baca dan literasi mahasiswa dan anak-anak diantaranya lomba story telling, lomba baca puisi, lomba mewarnai, rangking 1, lomba menulis essay, lomba baca hikayat Aceh, lomba foto instagram, lomba stand up comedy, dan lomba futsal.

“Selama sepekan kita akan menggelar berbagai workshop dan pelatihan untuk peningkatan soft skill mahasiswa, pustakawan dan pengelola perpustakaan mulai dari Talkshow kepustakawanan, pelatihan menulis essay, pelatihan jurnalistik, pelatihan desain grafis, pelatihan desain web dan pelatihan mendeley’,kata Imam Fadhil.

Selain itu, ia juga menambahkan pihaknya juga menggelar pemilihan duta Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan berbagai aksi sosial seperti saweu perpustakaan.

Sementara itu, Ketua HMP Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, M Saryulis HR mengatakan bahwa Pekan Literasi dan Teknologi Informasi Mahasiswa (PELITA) merupakan perhelatan tahunan yang menjadi ruang interaksi antara mahasiswa Ilmu Perpustakaan, siswa, pustakawan dan pengelola perpustakaan yang secara khusus fokus pada ajang silaturrahmi dan pengembangan skill dan keterampilan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Warul Walidin AK MA yang diwakili oleh Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Dr Muslim RLC SH MAg mengatakan bahwa serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan merupakan bagian dari kampaye literasi. Menurutnya, kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat akademik, seni dan budaya serta bernuansa keagamaan perlu diapresiasi dan diberi ruang untuk terus berinovasi dan mengaktualisasi setiap potensi dan keterampilan yang dimiliki.

Senada dengan hal tersebut, Ketua prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS mengatakan bahwa diera sekarang ini kemampuan literasi informasi sangat penting dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Karena saat ini informasi berada di ujung jari kita.

“Melalui kegiatan ini saya mengajak mahasiswa Ilmu Perpustakaan untuk mengambil peran sebagai pelopor literasi, sebagai role model untuk penguatan literasi bagi masyarakat kampus”,kata Nurhayati.[]

No comments