Kenali Bell's Palsy Pada Diri Anda

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Pernahkah anda mendengar istilah Bell’s Palsy ?. Sebagian orang telah mengetahui bahkan mengalaminya. Bell’s Palsy atau infeksi saraf wajah adalah kelumpuhan pada otot wajah yang menyebabkan salah satu sisi wajah tampak melorot. Penyakit ini siapa saja bisa mengalami, bahkan sering terjadi pada orang berusia 15 hingga 60 tahun. Bisa terjadi pada anak remaja, Ibu hamil, maupun orang tua.

Banyak faktor yang menyebabkan orang mengalami ini salah satunya diduga terkait dengan infeksi virus atau beberapa penyakit. Penderita akan mengalami kelumpuhan pada otot wajah dan menjadi lemah seperti sulit tersenyum, sulit menutup mata pada sisi yang lumpuh bahkan mata berair, sehingga bentuk salah satu sisi wajah menjadi berbeda.

Beberapa faktor lain dijelaskan oleh dr. Cut Jaswanita Eka Putri Doctor of Physical Therapy pada saat pengobatan Bell’s Palsy adalah karena kelelahan.

“Penyakit ini juga terjadi karena terlalu lelah sehingga virus mudah menyerang, debu dan angin malam juga sangat mempengaruhi, saya sarankan pakai kacamata dan masker untuk melindungi dan hindari AC (Air Conditioner) dan kipas angin,” jelasnya.

Dalam penyembuhan Bell’s Palsy ini dapat dilakukan dengan terapi dan juga tidak lupa terapi mandiri serta minum obat-obatan dengan resep dokter untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah kembali timbulnya komplikasi.

Salah satu penderita Bell’s Palsy merasakan perubahan setelah melakukan terapi.

“Saya merasakan banyak perubahan setelah 5 kali terapi dalam satu bulan, sudah bisa minum tanpa menggunakan pipet, mata sudah mulai tertutup walaupun belum kembali seperti sebelumnya, dan wajah sudah lebih ringan,” katanya. [*]

No comments