Tarian Likok Pulo Meriahkan Pembukaan Aceh Surfing Championship 2019

Share:

Oleh: Chandra Winanda 

Penari yang sedang menampilkan tarian Likok Pulo, Sabtu (23/11/19). Foto: Chandra Winanda
WASATHA.COM, Jantho - Tarian Likok Pulo turut andil meriahkan acara pembukaan Aceh Surfing Championship 2019 yang belangsung di Pantai Babah Kuala, Gampong Moen Ikeun Lhoknga, Aceh Besar.

Acara yang bertajuk ‘Explore The Wave, Enjoy The Culture’ (Jelajahi Gelombang, Nikmati Budaya) ini akan berlansung selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/11/2019).

Tari Likok Pulo adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Aceh Likok berarti gerak tari, sementara Pulo berarti pulau. Pulo di sini merujuk pada sebuah pulau kecil di ujung utara Pulau Sumatera yang juga disebut Pulo Breuh (Pulau Beras).

T Ayatullah Beni Baet, ketua panitia acara mengatakan parapenari likok pulo ini didatangkan langsung dari Pulo Aceh dengan menggunakan perahu nelayan.

“Tamu undangan sangat senang menyambut para penari ini, terlihat dari beberapa kesempatan terdengar suara tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi untuk penari tersebut,” ujarnya.

Sementara itu para penari juga membawa bendera merah putih untuk diberikan kepada Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar sebagai sebuah simbolis penghormatan.

Setelah simbolis penghormatan tersebut usai selanjutnya puluhan penari Likok Pulo mulai menapilkan tarian khas Aceh Besar tersebut, terlihat beberapa gerakan-gerakan indah yang mereka pertontonkan dimana tentu memiliki makna yang sangat dalam.

Adapun acara ini turut dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparkraf RI) yang dalam hal ini diwakili oleh sekeretaris tim percepatan pengembangan wisata bahari yaitu Ratna Suranti, Ketua DPR Aceh yaitu Dahlan Jamaluddin, Bupati Aceh Besar yaitu Mawardi Ali, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh yaitu Jamaluddin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Besar, dan Ketua Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Aceh yaitu Budiono dan masyarakat sekitar. []

No comments