Pesona Objek Wisata Bunga Celosia Tangse

Share:



Oleh: Sa'adatul Abadiah

WASATHA.COM, SIGLI - Tangse merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Pidie. Dikenal dengan keindahan alam sekitar, pesona tanah Tangse mampu melahirkan berbagai kekayaan alam seperti beras dan durian yang sangat lezat sehingga menjadi incaran masyarakat. Tanah nan subur memberikan hasil alam berlimpah. tidak ketinggalan berbagai sayur mayur tumbuh disana.

Deretan perbukitan asri masih terjaga untuk memberikan hawa dingin akan kesejukan. Jajaran bukit barisan terbentang memberikan manfaat luar biasa bagi penduduk setempat.

Sejak dahulu, selain sebagai petani, masyarakat disana memanfaatkan perbukitan untuk ladang mereka ketika bercocok tanam. Namun baru- baru ini di Tangse tepatnya di Desa Genie, salah seorang warga berhasil menyulap bukit (glee) menjadi objek wisata yang sangat indah dengan pesona taman bunga Celosia.

"Pertama bibit dari sepupu  katanya bagus sebagai tanaman hias, saya beranikan diri untuk uji coba dan berhasil. Ternyata disukai banyak orang dan sekarang lagi proses tahap perluasan tempat dan penanaman bunga agar lebih banyak lagi," terang T Manyak, pemilik taman bunga tersebut.

Cara Budidaya

Tanaman  celosia ini merupakan tanaman bunga semusim. Pada saat berbunga terlihat bagus karena bunga terbentuk dengan sempurna. Ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan berbagai macam warna seperti merah, kuning, ungu, dan campuran aneka warna.

Bunga yang dapat berkembang beberapa kali dalam satu bulan ini terdiri atas dua jenis yaitu tipe celocia crista misalnya, bentuk bunga seperti coral (karang) dengan warnanya beraneka ragam. Sedangkan tipe yang kedua jenis celocia plumose dengan bentuk bunga plum runcing seperti yang terdapat di Taman Celocia Genie.

Proses perkembangan tanaman Celosia dilakukan dengan cara menabur benih dari bunga tua dibawah naungan 6 minggu sebelum ditanam di luar. Tanaman ini membutuhkan cukup sinar matahari penuh untuk mendapatkan bunga terbaik. Bunga celosia akan berwarna lebih terang menyala bila tercukupi sinar matahari.

Tanaman Celosia kini tidak asing lagi di mata kita semua, terlebih setelah viralnya taman bunga Celosia yang berada di Panga Aceh Jaya dan di susul keberhasilan pembibitan tanaman Celosia di Beurawe Banda Aceh, dan kini tanaman Celosia berhasil dikembangkan di tanah Tangse tepatnya Desa Ginie.

Namun yang membedakan tanaman Celosia di Ginie adalah daerah tempat di tanamkannya yaitu diatas bukit yang dikerok dan dibuat semenarik mungkin, hamparan bunga yang terbentang memikat mata para pengunjung. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat sebagai objek foto bagi yang suka berswafoto.

Sejak lebaran Idul Fitri kemarin taman bunga Genie menjadi incaran masyarakat saat berlibur, selain bisa melihat taman bunga yang sangat indah, kita juga dapat merasakan dinginya air sungai Ginie, karena didepan taman tersebut terdapat sungai dengan air sangat jernih dan sejuk.

Setelah berswafoto di taman bunga, para anggota keluarga dapat langsung mandi dan makan di sepanjang pinggiran aliran sungai.

Muhammad Iqbal, salah satu pengunjung berhasil dibuat takjub oleh oleh pesona taman bunga dan keindahan alam.

"Sudah menciptakan satu lagi satapesona yang luar biasa di kabupatenn Pidie ini yaitu taman bunga yang bersih, indah dan nyaman, menambah keseruan berlibur di akhir pekan," ujarnya.

Menuju Lokasi

Destinasi taman bunga ini terletak di Desa Genie, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari perkotaan. Sepanjang jalan pengunjung melewati perkampungan terlebih dahulu  sebelum di sapa oleh perbukitan indah di sepanjang perjalanan.

Untuk masuk kesana pengunjung cukup membayar Rp10.000 bagi dewasa dan anak-anak hanya Rp5.000, dan anda bisa melihat tanaman celosia dari atas bukit serta mengabadikan moment sepuasnya. Walaupun terik panas matahari tepat berada di atas kepala, akan terbayar dengan pukauan pesona baru objek wisata Pidie.

Nah, bagi anda yang ingin berkunjung ke kawasan Pidie, tentunya jangan sampai terlewatkan dengan pesona alam tanah Tangse yang satu ini.[]

No comments