Hari Anak Nasional, perlindungan dimulai dari diri sendiri

Share:

Laporan: Helena Sari
WASATHA.COM Aceh Barat, Peringati hari  Hari Anak Nasional (HAN) di Meulaboh, Yayasan SOS Children's Villages gelar workshop bersama fasilitator anak Kabupaten setempat. Kamis (25/07/19) sore.

Acara yang bertajuk " Partisipasi remaja dalam kesejahteraan dan perlindungan anak" sengaja tidak digelar bertepatan saat peringatan HAN mengingat banyaknya acara yang telah event yang telah diselenggaran oleh instansi pemerintah.

Hidayatullah pembina SOS mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyadarkan Remaja untuk tetap berpartisipasi dalam Perlindungan dan kesejahteraan anak baik untuk diri sendiri maupun sekitarnya.

"Sekurang-kurangnya mereka wajib berkontribusi dalam memenuhi hak mereka, dengan begitu Remaja menyadari bahwa mereka dapat berpartisiasi dalam mensejahterakan dan melindungi diri sendiri" Ujarnya

Hidayatullah juga menyinggung pola pikir peserta dengan menampilkan beberapa foto tentang betapa tidak beruntungnya anak diluar sana yang kehilangan pengasuhan.

Workshop tersebut diisi langsung oleh fasilitator dari forum anak Aceh Barat M. Budi Iskandar Muda,  ia  menjelaskan mengenai hak dan tanggung jawab yang menjadi kewajiban bagi remaja itu sendiri.

Budi turut mengajak Remaja untuk menjadi pelopor agen perubahan baik dari segi wawasan dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan positif sehingga mampu menginspirasi banyak orang.

Kemudian peserta diarahkan lebih berani dalam menyuarakan pendapat menjadi pelapor setiap masalah yang telah terjadi.

Dalam workshop ini peserta juga saling berbagi pengalaman mengenai apa yang dilihat, diketahui tentang kondisi disekitar. Sarah juwita misalnya, ia mengatakan bahwa sangat bersyukur menerima pengasuhan dari SOS sebab telah melihat bagaiamana kehidupan anak-anak yang kurang beruntung disekitarnya.

Senada dengan yang di ungkapkan Sarah,  Mella juga mengungkapkan bahwa SOS merupakan sarana dalam meningkatkan kesejahteraan bagi setiap anak yang kehilangan pengasuhan.

"kita bisa meraih mimpi bersama, kesempatan meraih mimpi bisa kita dapatkan ditempat ini" ujar Mella.

SOS Children's Villages adalah organisasi nonprofit terbesar di dunia, aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan dukungan kepada anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua.

Memenuhi kebutuhan utama anak yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang. SOS fokus dibidang Pengasuhan, perlindungan, Pendidikan, dan Kesehatan, SOS berusaha memberi kehidupan lebih baik untuk anak-anak Indonesia.

No comments