Pesona Bukit Jalin Pikat Hati Para Wisatawan

Share:


Laporan: Helena Sari

WASATHA.COM - Aceh memang menyimpan pesona wisata mulai dari keindahan laut, pesona air terjun dan hamparan hijau perbukitan yang akhir-akhir ini eksis diperbincangkan oleh kalangan mahasiswa.

Bukit Jalin misalnya, destinasi wisata yang tak sembarang orang mampu menaklukkannya. Betapa tidak?, perjalanan dan pendakian tak kenal ampun itu harus dilewati terlebih dulu sebelum menikmati pesona bak surga yang memukau dari atas perbukitan mulai dari terbentangnya hamparan hijau persawahan serta sejuknya airan air sungai yang megalir jernih, seolah melengkung serta bukit-bukit kecil yang memeluk bukit jalin.

Inilah cerita Himahesa (Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah) peduli lingkungan, para mahasiswa UIN Ar-raniry Jurusan Hukum Ekonomi Syari'ah yang memilih berwisata sembari meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan membersihkan bukit jalin dari sampah plastik seperti botol aqua yang sering ditinggalkan pengunjng karna meda perjalanan lumayan menguras tenaga.

Aksi yang bertujuan membangun serta memotivasi jiwa warga Aceh agar cinta terhadap lingkungan ini mulai dilakukan setelah mereka melakukan pendakian dan menikmati keindahan dari atas puncak, saat berpamitan pada alam tak lupa masing-masing diberikan satu kantong plastic dan mengutip sampah dari puncak hingga kebawah bukit Jalin.

“Tempat wisata di Aceh perlu di jaga, bukan hanya sekedar pergi untuk menikmati pemandangan saja, besar harapan kami semoga masyarakat Aceh tetap menjaga Kelestarian alam yang sangat Luar biasa indanya, setidak nya jika tidak sanggup membersihkan jangan ikut serta dalam mengotori” terang Maulana Putra ketua bidang Hubungan masyarakat HIMAHESA.



Menuju lokasi

Lokasi wisata ini terletak di Desa Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Menuju lokasi Perjalanan dari Banda Aceh akan memakan waktu sekitar 1,5 jam Kondisi jalan bagus dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Anda terlebih dulu melewati perumhanan warga sekitar, Sampai di Kawasan Bukit Jalin ditandai dengan sebuah jembatan yang melintas di atas Krueng Linteung. Tak perlu takut tersesat karena mudah menemukan letak wisata bukit jalin karna terdapat papan petunjuk, masuk kelokasi bukit anda cukup mengeluarkan uang untuk uang keamanan

Sebelum mendaki tentu dibutuhkan konsisi fisik sehat demi keselamatan selama pendakian. Puncak pertama tergolong mudah untuk ditaklukkan, dipuncak pertama pula anda bisa beristirahat sejenak untuk makan dan minum. sebelum mendaki hingga puncak kedua, jalanan mulai terjal menanjak curam sehingga nyali sangat di uji disini. Butuh kehati-hatian dan tidak bisa sembarangan melangkah.

“Bagi pendaki perdana tentunya kaan cepat merasa lelah, sepatu yang digunakan pula harus disesuaikan, ada juga yang takut akan ketinggian sehingga kami harus membantu sesama” ujar Sri Ainun Jariah salah satu mahsiswa yang berhasil menaklukkan bukit Jalin.

Setelah melewati bukit siap-siap, anda akan sangat takjub akan panorama bukit jalin siap memamerkan keindahannya. Bagi anda penghobi photografi pemandangan dari atas puncak sangat cocok menjadi objek foto Anda.[]

No comments