5 Sunnah Yang Istimewa di Hari Jum’at

Share:

WASATHA.COM — Jum’at seringkali kita sebut sebagai hari yang singkat dikarenakan waktu siangnya bertepatan dengan sholat jum’at. 

Sekolah dan kantor memulangkan siswa dan karyawannya lebih awal karena ada kewajiban kaum laki-laki yang harus di segera laksanakan. 

Namun, kebanyakan diantaranya kaum Adam tidak begitu mengetahui tentang keistimewaan di hari tersebut. Padahal banyak sekali amalan ataupun sunnah yang mendapatkan pahala berlipat ganda jika dikerjakan di hari Jum’at. 

Amalan ini ringan dilakukan akan tetapi bernilai pahala disisi Allah SWT jika dikerjakan. Mungkin, karena rasa tidak mau tau kita tidak bisa mencerna dengan akal sehat bagaimana keistimewaan hari jum’at bagi setiap muslim. 

Hari jum’at itu ibaratkan hari raya bagi kita semua dan juga hari yang paling baik di antara hari yang lain. Di hari yang mulia ini kita senantiasa menghidupkan malam hingga harinya dengan sunnah ataupun amalan yang berpahala.

Sebagaimana disebutkan dalam hadist “Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali di hari jum’at”(HR.Muslim). 

Lalu, hendaklah kita ingin mengetahui apa saja amalan istimewa di hari ini?

Mari kita simak penjelasannya :

1. Bersihkan diri 
Dari Abu Hurairah r.a Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah”(HR.Bukhari dan Muslim).

Sebelum menuju ke mesjid untuk menunaikan shalat, sebaiknya kita membersihkan diri terlebih dahulu dengan mandi sunnah hari jumat. Dengan hal itu jiwa kita terasa akan segar dan bersih ketika melaksanakan shalat jum’at dengan penuh semangat.

Kebersihan diri kita akan terlihat total, apabila kita melakukan siraman air ke bagian tubuh dilanjutkan dengan keramas dan sabun juga agar tertata bersih serta menutup dengan wangian atau parfum. Adakalanya merapikan bulu, seperti kumis, janggut, dan bulu lainnya. 

2. Membaca surat Al-Kahfi 
Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al-kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga ke Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, maka dia ketika muncul dajjal ia tidak akan dikuasai”.

Sebenarnya membaca surat Al-Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari jumat saja melainkan setiap hari. Akan tetapi sesuai dengan kebaikan surat Al-Kahfi di anjurkan untuk membaca ketika terbenam matahari di sore kamis hingga terbenamnya matahari di hari Jumat.

Surat Al-kahfi ialah surat ke-18 dalam Al-Quran terdiri dari 110 ayat, membacanya akan memperoleh banyak keistimewaan dan Kemulian.

3. Memperbanyak berdoa 
Salah satu waktu diantara waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah adalah pada hari jumat. 

Hal ini telah diriwayatkan dalam sebuah hadist, Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW membicarakan tentang hari jumat, ia bersabda “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari Muslim dari sahabat Abu Hurairah).

4. Memperbanyak Shalawat Nabi
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalalawat kepadanya sepuluh kali.”(HR. Muslim)

Bershalawat memang sudah menjadi hal yang baik dan mulia  jika umat Islam membacanya disetiap shalat fardhu maupun dalam aktivitas apa saja. Sholawat banyak memiliki variasi dan seni bacaanya. Ada variasi seperti yang kita dengar di negeri kita dan ada juga seperti yang dilantunkan negeri kelahiran Islam Arab dan sekitarnya. 

Akan tetapi kebaikan dan keutamaan ternilai juga sebagaimana dengan niat yang baik. Namun pada hari jumat ada keistimewaan terkhusus jika bersholawat dengan  gembira. 

5. Membaca surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al- Falaq dengan tujuh kali ulang 
Selain empat amalan di atas ada juga kategori bagian pahala yang mulia juga jika surat Al-ikhlas, An-nas, dan Al- Falaq di bacakan dengan rutin di hari jumat dengan tujuh kali ulang masing-masingnya setiap habis sholat jumat sangatlah istmewa. Dengan kemuliaan diri kita terjaga dari berbagai macam godaan baik godaan syaitan maupun godaan duniawi. [Fauzan]

No comments