Rektor Launching Program 5.000 Pohon Bersama Alumni UIN Ar-Raniry

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh secara resmi melaunching Program penanaman 5.000 pohon bersama alumni, kegiatan tersebut ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis di halaman gedung Rektorat kampus setempat, Darussalam Banda Aceh, Jumat (19/7/2019).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA usai melakukan penanaman secara simbolis, mengatakan bahwa program penanaman 5.000 pohon bersama alumni UIN Ar-Raniry merupakan salah satu program unggulan dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Ini merupakan program unggulan di UIN Ar-Raniry, kita berharap dukungan dari berbagai pihak untuk terwujudnya program penanaman 5.000 pohon di kampus UIN Ar-Raniry, hari ini kita launching dengan ditanam satu pohon oleh salah seorang alumni yang baru saja menyelesaikan program doktor di Pascasarjana UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa pohon yang pertama ditanam pada launching penanaman 5.000 pohon bersama alumni UIN Ar-Raniry, diawali oleh Dr. H. Anas M. Adam, M.Pd, yang baru saja menyelesaikan program doktoralnya pada program studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Ar-Raniry tahun 2019.

“Program ini kita mulai dengan alumni doktor dan akan terus berlanjut, kita harapkan juga kepada alumni S2 dan bisa juga diharapkan partisipasi para alumni S1, apalagi ke depan akan memerlukan banyak pohon saat dibuka kampus baru di kawasan Cot Lam Mee Aceh Besar,” kata Warul.

Rektor juga berharap, kampus UIN Ar-Raniry akan menjadi kampus hijau, program tersebut akan diikuti oleh dosen dan karyawan juga, ke depan kampus UIN Ar-Raniry bukan hanya Islami, tapi juga serasi dari sudut pandang lingkungan hidup, bagaimana mengembangkan sikap cinta lingkungan di Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini.

Menurut Rektor, penanaman pohon tersebut diawali oleh Dr. Anas M Adam, yang merupakan alumni ke 102 pada program doktor di Pascasarjana, menurutnya ini adalah momen yang tepat, karena diawali oleh alumni yang juga salah seorang tokoh pendidikan di Aceh.

Sementara itu, Anas M Adam menyatakan bahwa program tersebut awalnya ide rektor UIN Ar-Raniry, untuk mendorong terealisasinya program penghijauan kampus, tentu dengan upaya dan semangat membangun dari berbagai pihak.

“Ini merupakan ide Pak Rektor, bagaimana menghijaukan kampus, tentu perlu upaya dan gerakan para alumni, kita berharap bukan hanya semangat menanan saja, namun juga harus dilihat dari sisi manfaat dari pohon yang ditanam,” ujarnya.

Anas mengaku, secara kebetulan menjadi orang yang pertama menyambut program rektor tersebut, ia juga akan menyumbang beberapa pohon lagi sebagai langkah awal untuk mendukungnya.

“Semoga para alumni lain nantinya ikut menyumbang, sehingga mencapai 5.000 pohon sesuai dengan rencana dan target Rektor”. []

No comments