Iklan

Iklan

Lhok Bubon, Pesona Bahari dari Negeri Teuku Umar

Mabrur Muhammad
6/08/19, 14:07 WIB Last Updated 2020-06-27T08:34:07Z

Air laut yang jernih dan menampilkan warna biru, sangat indah untuk dipandang. Kejernihan air yang ditawarkan juga sangat menggoda untuk segera merasakan kesejukan air dengan berenang dan bermain di tepi pantai atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati langit senja.
Suasana di Pantai Lhok Bubon, Aceh Barat. (Foto: Talinda Ainil Fitrah | WASATHA.COM)

Laporan: Talinda Ainil Fitrah

WASATHA.COM, MEULABOH – Memasuki lebaran idul fitri, sejumlah tempat wisata banyak dipenuhi oleh para pengunjung yang datang hendak berkreasi baik dengan keluarga maupun kerabat dekatnya.

Berlalu-nya bulan suci Ramadhan 1440 H kemudian disambut dengan Hari Raya Idul Fitri memang menjadi sebuah moment yang sangat indah bagi setiap ummat muslim di dunia.

Silaturahmi dan berkumpul dengan sanak saudara menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu.

Pulangnya saudara dan keluarga dari perantauan ke kampung halaman merupakan hal yang begitu indah ketika lebaran tiba.

Tentu nya moment seperti ini tak pernah dilewati oleh jutaan umat muslim di seluruh dunia.

Ada kalanya, sebagian besar muslim Aceh ketika lebaran ini datang akan memanfaatkan silaturahmi nya dengan cara pergi berlibur ke suatu tempat.

Tak jarang kebanyakan lokasi wisata di Aceh akan dipenuhi oleh para muslim mulai dari anak-anak, dewasa, hingga yang sudah berkeluarga.

BACA JUGA: "Kupi Khop" Kopi Unik dari Bumi Teuku Umar

BACA JUGA: "Budee Trieng" Tradisi Perang dari Pidie

Seperti hal nya salah satu tempat wisata pantai yang terdapat di negeri asal pahlawan Aceh Teuku Umar, Aceh Barat. Lokasi wisata yang satu ini memang banyak dipadati oleh para pengunjung.

Pantai Lhok Bubon, beginilah orang-orang sekitar menyebutnya. Pantai ini berjarak 8 km dari pusat kota Meulaboh tepatnya berada di Samatiga.

Keindahan pantai Lhok Bubon didominasi dengan putihnya pasir dan jernihnya air laut yang begitu mempesona. Tak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata ini tanpa mengajak keluarga.

Selain itu pantai ini begitu terkenal sebagai penghasil makanan laut. Lokasi ini memang sudah terkenal akan hasil laut yang melimpah serta para warga juga menjadikan lokasi pantai ini sebagai lahan untuk mencari serta menambah mata pencaharian mereka.

BACA JUGA: Keubeu Weng dan Harapan Mak Jroe di Usia Senja
Masyarakat sedang menikmati pesona Pantai Lhok Bubon, Aceh Barat. (Foto: Talinda Ainil Fitrah | WASATHA.COM)

Terkadang juga para pengunjung akan mendapati kapal-kapal tongkang pengangkut batu bara yang terdampar dan tidak bisa lagi dievakuasi.

Pantai ini juga menjadi salah satu saksi bisu dari dahsyatnya amukan gelombang Tsunami pada tahun 2004 silam.
Segala fasilitas yang telah tersedia berhamburan tak karuan. Puing-puing sisa dari bangunan menumpuk dimana-mana.

Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena setelah melakukan recovery  pantai ini tidak diragukan lagi akan keindahan alamnya.

Air laut yang jernih dan menampilkan warna biru, sangat indah untuk dipandang. Kejernihan air yang ditawarkan juga sangat menggoda untuk segera merasakan kesejukan air dengan berenang dan bermain di tepi pantai atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati langit senja.

Di kawasan wisata ini biasanya para pengunjung dapat memilih hasil laut yang masih segar untuk dapat dihidangkan serta disantap bersama.

Berbagai jenis hasil tangkapan laut ada di sini. Namun karena masih dalam suasana hari raya idul fitri perahu-perahu para nelayan hanya bersandar di bibir pantai karena tidak melaut.

Tak hanya menyajikan panorama alam yang begitu eksotis. Di lokasi ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung yang berguna untuk melengkapi kenyamanan para pengunjung.

Di area pantai ini juga telah tersedia kamar mandi umum dan tempat ganti. Terdapat juga musholla dan tentu saja disini terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan segala jenis sajian menu, tentunya bernuansa seafood.

Lokasi ini sangat disarankan bagi anda yang memang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama teman ataupun keluarga.

Bagi anda yang masih bingung mencari lokasi atau tempat untuk menghabiskan liburan lebaran anda. Cobalah untuk mengunjungi salah satu lokasi wisata alam pantai ini. []

BACA JUGA: Air Terjun Peucari, Panorama Tersembunyi di Puncak Jantho
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lhok Bubon, Pesona Bahari dari Negeri Teuku Umar

Terkini

Topik Populer

Iklan