Iklan

Iklan

Delapan Jenis Rezeki yang Harus Dipahami Setiap Muslim

9/08/17, 21:28 WIB Last Updated 2017-09-08T14:28:12Z
[FOTO : Ilustrasi | Google]
REZEKI itu merupakan karunia yang diberikan Allah SWT yang sudah pasti sangat dibutuhkan oleh setiap manusia tanpa terkecuali. Akan tetapi, banyak kita temui juga untuk mendapatkan rezeki banyak yang nekad menggunakan cara yang tidak halal ataupun haram, tanpa peduli rambu-rambu yang telah di anjurkan oleh Allah SWT. Pastinya, cara seperti itu tidaklah mendapat ridha dari Allah SWT.
Mengenai rezeki, setidaknya ada delapan jenis yang semestinya dipahami setiap muslim. Agar seorang musllim tidak perlu mati-matian dalam mencari rezeki sehingga putus koneksi dengan Allah SWT.
Dalam dalil, ada beberapa jenis rezeki yang akan Allah berikan kepada setiap muslim:
Pertama, Rezeki yang telah dijamin. Allah sudah menjamin rezeki bagi hamba-hamba-Nya. Rezeki  yang telah dijamin Allah ini berlaku untuk seluruh makhluk yang bernyawa.
Allah Subahanahu Wa Ta’ala  berfirman “Tidak ada satu makhluk melata pun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya.” [QS. Hud : 6].
Kedua, Rezeki Karena Usaha.  seseorang hanya akan mendapatkan rezeki apa telah ia usahakan untuk mendapatkannya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” [QS An-Najm : 39]
Ketiga, Rezeki Karena Sedekah. Banyak dalil yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah ini. Satu di antaranya adalah seperti dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala yang artinya, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak dan sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” ([QS Al-Baqarah : 24]
Keempat, Rezeki Karena Bersyukur. Orang yang bersyukur artinya ia merasa puas dan menerima atas apa yang diberikan Allah Ta’ala kepadanya. Apa pun yang Allah berikan kepadanya, tetap saja selalu bersyukur.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” [QS. Ibrahim : 7].
Kelima, Rezeki Karena Istighfar. Banyak dalil dari al Quran dan as Sunnah yang menjelaskan bahwa istighfar mempunyai kekuatan yang begitu dahsyat. Salah satu keutamaan dari pengucapan istighfar itu adalah rezekinya dijamin oleh Allah Ta’ala.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” [Qs. Nuh : 10-11].
Keenam, Rezeki Tak Terduga. Rezeki yang datang tidak terduga-duga ini adalah rezeki yang Allah Ta’ala berikan kepada setiap hamba-Nya yang bertakwa kepada Allah Ta’ala.
“Siapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” [Qs. At-Thalaq : 2-3]
Ketujuh, Rezeki Karena Menikah. Jaminan Allah bagi setiap orang yang menikah ini adalah bukti keagungan Allah.
“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” [Qs. An-Nur : 32].
Kedelapan, Rezeki Karena Anak. Ini artinya rezeki yang Allah Ta’ala berikan melalui anak. Seperti yang difirmankan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang artinya, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Qs. Al-Israa’ : 31).

Semoga Allah SWT memudahkan setiap langkah kita dalam menjemput rezeki yang telah ditetapkan-Nya. [Bahron Ansori | Mirajnews]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Delapan Jenis Rezeki yang Harus Dipahami Setiap Muslim

Terkini

Topik Populer

Iklan