Manfaat Air Putih dan Hidup Sehat Cara Rasulullah

[FOTO : Google]
HIDUP sehat menjadi keinginan setiap orang, untuk hidup sehat sejatinya tidaklah sulit, setiap ciptaan Allah di  muka bumi ini pasti mempunyai hakikat yang baik. Kita misalkan dengan air putih yang sering kita konsumsi setiap hari. Secara medis air putih memang bagus untuk tubuh.

Namun, walapun air putih itu tergolong muda kita dapatkan, kesadaran dan kemauan masyarakat modern untuk meminum air putih sesuai anjuran medis masih banyak disepelekan. Seperti yang kita ketahui bersama, air merupakan salah satu sumber kerhidupan  bagi manusia. Coba kita bayangkan jika tidak ada air di dunia ini, apa yang bakalan terjadi?


 “..... Dan kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air ;maka mengapa mereka tidak juga beriman ? .” [Q.S Al-Anbiya : 30]

Air putih yang kita anggap hal-hal yang biasa saja, dibalik kesederhanaannya terdapat manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Air Putih

Pertama, Mencegah kenaikan berat badan.

Meminum air putih dipagi hari, kita akan merasakan tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan yang berlebihan.

Kedua, Membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Pada saat malam hari, tubuh kita akan mengeluarkan semua racun yang terdapat dalam tubuh. Ketika meminum air putih pada waktu perut kosong di pagi hari, otomatis kita akan membersihkan semua racun yang terdapat dalam tubuh kita. Minum air putih juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Ketiga, memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Minum air putih dengan perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang bisa menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan aman dari berbagai penyakit.

Keempat, Dapat membakar Kalori.

Sebuah penelitia menyebutkan bahwa, minum air putih bagi orang dewasa sebanyak delapan gelas atau lebih dalam sehari, dapat membakar kalori. Meskipun kita dalam kondisi tidak haus.


Kelima, Mencegah ganguan pencernaan.

Gangguan pencernaan timbul karena meningkatnya keasaman diperut. Namun apabia kita meminum air putih, asam ini akan ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegh asam lambung naik.

Adab Minum Dalam Islam

Rasulullah SAW pernah bersabda : “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” [HR Ahmad]

Namun, kita perhatiakan sekarang kebanyakan diantara kita tidak lagi mengikuti sabda Nabi SAW, untum minum sambil duduk.


Dalam islam juga diajarkan bahwa saat kita meminum tidak meniupnya. Dari Ibnu Abbas, “ Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang bernafas atau meniup wadah air minum.” [HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)].
Oleh karena itu, mari kita biasakan minum air putih dengan cara Rasulullah SAW agar tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit. [Teuku]
Manfaat Air Putih dan Hidup Sehat Cara Rasulullah Manfaat Air Putih dan Hidup Sehat Cara Rasulullah Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on September 04, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.