Menlu RI Usulkan Solusi Kemanusian kepada State Counsellor Myanmar

Share:
[FOTO : Pertemuan Menlu RI dan State Counsellor Myanmar | Kementrian Luar Negeri]
WASATHA.COM – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, mengusulkan formula 4+1 untuk mengakhiri kekerasan terhadap etnis Muslim Rohingya kepada State Counsellor Aung San Suu Kyi, Senin (4/9/2017) di Nay Pyi Taw, Myanmar.
Diberitakan Anadolu Agency, Dalam pertemuan itu, Menlu Retno mengusulkan formula 4+1 untuk menyelesaikan konflik terhadap warga Rohingya, yaitu mengembalikan stabilitas dan keamanan, tidak menggunaka kekerasan, melindungi semua warga tanpa memandang suku dan agama, dan membuka akses bantuan kemanusian.
“Empat elemen pertama merupakan elemen utama yang harus segera dilakukan agar krisis kemanusian dan keamaan tidak semakin memburuk,” ujar Menlu Retno.
Sementara itu, satu elemen lainnya mengenai implementasi Rekomendasi laporan komisi Penasehat untuk Rakhine yang dipimpin mantan sekjen PBB Kofi Annan, pemerintah Myanmar akan membentuk Komite Impementasi dan Badan Penasehat untuk mengawasi implementasi ini.
Petemuan ini juga menyepakati keterlibatan Indonesia dan ASEAN dalam penyaluran bantuan kemanusian di Rakhine.
“Indonesia selalu menekankan bahwa bantuan harus sampai kepada semua orang yang memerlukan, tanpa kecuali, tanpa memandang agama dan etnis,” tegas Menteri Retno.