Empat Karakteristik Wanita yang di Rindukan Surga

Share:


Foto : google

KEISTIMEWAAN wanita-wanita yang shalehah ketika mereka melewati berbagai macam perintah dan larangan dari Allah SWT, serta mereka di perintahkan untuk memberikan pengorbanan untuk melakukan ketaatan dan meninggalkan larangan, keberadaan wanita yang shalehah apabila mereka memasuki surga kecantikan mereka itu akan lebih dahsyat dari kecantikan para bidadari.

Rasulullah bersabda: “Tahukah kalian apa sebaik-baik yang disimpan oleh seorang laki-laki? Maka Rasulullah mengatakan, sebaik-baik yang disimpan oleh laki-laki yang shalih, bagaimana dia mendapatkan wanita yang shalihah.”

Berikut beberapa karakteristik wanita penghuni surga :

Pertama, wanita yang mampu menundukkan nafsunya mendidik jiwanya, untuk senantiasa taat kepada suaminya.

“Perempuan mana saja yang melaksanakan shalat lima waktu, mereka berpuasa di bulan ramadhan, mereka menjaga kehormatannya menutup auratnya dan kemudian dia taat kepada suaminya, sesungguhnya surga itu akan memanggil-manggilnya kelak di hari kiamat, masuklah kamu ke surga dari pintu-pintu yang kamu mau pilih”. (HR. Ahmad)

Kedua, wanita yang mampu bersabar ketika mereka mendapat ujian dan mendapatkan musibah yang Allah berikan dalam kehidupan mereka.

Sabda Rasulullah: “Datang seorang wanita yang terkena penyakit (ayan) dan berkata, wahai Nabi sesungguhnya saya ini wanita yang terkena penyakit (ayan) dan saya datang kepadamu wahai Rasulullah, berniat supaya engkau mendoakan diriku kepada Allah supaya saya disembuhkan oleh Allah dari penyakit (ayan) yang Allah timpakan kepadaku.

Rasulullah menjawab, “Saya bisa mendoakan suapaya kamu disembuhkan dan dengan izin Allah kamu akan sembuh. Tapi kalau kamu mau bersabarlah, maka sesungguhnya kamu akan mendapatkan surga.”

Wanita itu berkata, “Saya memilih supaya saya bersabar ya Rasulullah atas penyakit yang telah Allah berikan kepadaku dan supaya saya mendapat surga ketika aku melapisi penyakit itu dengan kesabaran.”

Para ulama menjelaskan dari faedah hadits ini bahwasannya, diantara wanita yang dirindukan surga yaitu adalah wanita-wanita yang mana dalam kehidupan mereka diberikan oleh Allah ujian dan musibah, baik itu sakit, ataupun ujian dari anak-anak yang ia miliki keluarga –keluarga yang ia miliki tetapi ia mampu bersabar menhadapi ujian dan musibah yang Allah berikan, maka sesungguhnya wanita seperti ini tidak ada tempat baginya kecuali surga.

Ketiga, wanita yang suka besedekah. Dari jabir bin Abdullah ra berkata, saya menyaksikan shalat ied bersama Rasulullah beliau memulai dengan shalat sebelum khuttbah tanpa azan dan iqamah. Kemudian berdiri bersandar kepada bilal dan memerintahkan untuk bertakwa kepada Allah dan menganjurkan kepada ketaatan kepada-Nya dan menasehati manusia dan mengingatkannya. Kemudian beliau berjalan mendatangi para wanita dan memberikan nasehatkepada mereka, Beliau bersabda:

“Bersedekahlah para wanita karena kebanyakan dari kalian itu menjadi bara api neraka Jahanam. Maka ada wanita bangsawan dan kedua pipinya memerah berdiri bertanya, kenapa wahai Rasulullah? Beliau menjawab,” karena kamu semua seringkali mengadu dana mengkufuri suami.” Berkata jabir, maka para wanita mulai bersedekah dan melemparkan gelang, dan cincinnya ke pakaian Bilal. (HR. Muslim)

Keempat, wanita yang senantiasa menjaga lisan dan tidak berbicara tentang hal yang buruk. Sabda Rasulullah shallallahualaihi wa sallam: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata yang baik, kalau tidak dapat berkata yang baik hendaklah ia berdiam diri saja.”


“Barangsiapa yang dapat memberikan jaminan kepadaku tentang kebaikannya apa yang ada di antara kedua tulang rahangnya yakni mulut dan lidah, serta antara kedua kakinya yakni kemaluannya, maka aku memberikan jaminan surga untuknya.”[Eka Yuliyastika]/Dhi


Baca Juga :

Ternyata Makeup Bisa Menjadi Penyebab Wudhu Tidak Sah