Alhamdulillah, Adzan Kembali Berkumandang di Aya Sophia

Share:
ALHAMDULILLAH untuk pertama kalinya sejak 85 tahun terakhir, suara adzan terdengar berkumandang dari dalam Aya Sophia (Hagia Sophia), Istanbul, sebuah bangunan bersejarah di Turki pada Sabtu (2/7/2016), yang kembali difungsikan sebagai masjid.
Daily Sabah (DS) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, adzan pernah dikumandangkan melalui pengeras suara dari Hagia Sophia empat tahun yang lalu, tapi muadzin selalu mengumandangkannya dari lapangan museum, bukan dari  dalam bangunan tersebut.
Beberapa tahun terakhir, banyak permintaan kembali memfungsikan bangunan yang telah berdiri sejak 537 Masehi itu menjadi masjid. Namun, setiap kali Al-Quran dibacakan selama bulan Ramadhan, pemerintah Yunani mengritik aktivitas itu kepada Kementrian Luar Negeri Turki.
Pada kesempatan berkumandangnya lagi adzan itu, Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Mehmet Gormez, menjelaskan kembali berfungsinya bangunan itu sebagai masjid.
Ia juga menyinggung serangan teroris di Bandara Ataturk Istanbul, beberapa hari sebelumnyua di mana 44 orang dan tiga penyerang tewas. Menurutnya, serangan itu sebagai bagian dari perang yang dilancarkan pada Islam.

“Islam selalu jadi korban terorisme. Terorisme bukan saja mengancam hidup kami tapi juga merusak nilai-nilai kemanusiaan yang telah dibawa oleh Islam,” tegasnya. [mirajnews.com]