Iklan

Iklan

Tokoh Muslim Aceh Hasan Basry Meninggal Dunia

11/03/17, 22:34 WIB Last Updated 2017-11-03T15:34:46Z

WASATHA.COM - Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Drs H Muhammad Hasan Basry MA, pendiri sekaligus Sekjen Forum Silaturahmi Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas), meninggal dunia Kamis (2/11/2017) sekitar pukul 18.35 WIB menjelang maghrib.

Almarhum meninggal pada usia 85 tahun di kediamannya di Jalan Tgk Chik Di Lamnyong Nomor A4 Sektor Selatan Kopelma Darussalam,  Banda Aceh.

Beliau meninggalkan seorang istri, lima anak, dan sembilan orang cucu.

Pelepasan jenazah dilakukan di Masjid Tgk Chik Di Lamnyong, Jumat 3 November sekitar pukul 9.30 WIB. Seribuan pelayat mengantar jenazah hingga ke pemakaman Sektor Barat Darussalam.

Proses shalat jenazah diikuti beberapa gelombang jamaah, hadir juga sejumlah murid, kolega, dan sahabat dekat almarhum dari Malaysia dan Singapura.

Hasan Basry tercatat telah berkontribusi bagi pengembangan dakwah Islam melalui Dewan Kemakmuran Masjid Aceh (DKMA), Forsimas pada tahun 2005 yang kini telah beranggotakan 11 negara ASEAN.

Mantan dekan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry ini semasa hidupnya, aktif menjalin silaturahmi antar masjid serantau.

Terakhir ia mengirim utusan ke Kamboja dan mengirimkan bantuan bagi muslim di sana. Meski sudah tua, semangatnya tetap membara ia menjadi inspirasi bagi kaum muda di Aceh dan ASEAN.


Selamat jalan ayahanda Hasan Basry, surga terbaik menantimu Amin ya Rabbal 'alamin.[]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tokoh Muslim Aceh Hasan Basry Meninggal Dunia

Terkini

Topik Populer

Iklan