Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Share:
okeinfo.net | Ilustrasi

PUASA merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan. Selain puasa yang wajib tersebut, ada juga puasa sunnah dihari-hari yang lain. 

Sebagian umat Islam telah terbiasa dengan ibadah berpuasa ini, sehingga tak jarang kita menemukan orang-orang yang menjadikan puasa sebagai gaya hidup. Seperti puasa senin-kamis atau puasa nabi Daud yang sering dilakukan umat muslim dalam kesehariannya.

Selain pahala disisi Allah, ada manfaat lain yang diperoleh orang berpuasa. Namun kebanyakan kita tidak menyadarinya. Diantaranya adalah manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah penjelasannya secara medis :

Pertama, puasa dapat mengistirahatkan tulang rahang dari aktivitas mengunyah. Ternyata mengunyah merupakan aktivitas yang sangat melelahkan. Setiap kali mengunyah, rahang kita memisah dan menyatu kembali. Kegiatan itu membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Dr Aidin Delnavaz dan Dr Jeremie Voix dari tim insinyur kanada membuktikan bahwa energi dari mengunyah makanan ternyata bisa dimanfaatkan untuk tenaga listrik.

Dalam penelitiannya, mereka menemukan ketika seseorang mengunyah permen karet selama 60 detik, gerakan tersebut menghasilkan energi sebesar 18 microwatt. 

Dengan demikian, berpuasa merupakan cara yang efektif untuk mengistirahatkan rahang dari kelelahan mengunyah makanan sepanjang waktu.

Kedua, mencegah dan mengobati infeksi mulut. Terlalu banyak makan bisa menyebabkan mulut menjadi sarang kuman. Sisa-sisa makanan dan berbagai faktor lainnya menyebabkan mulut rawan terserang infeksi. Terlebih bagi penderita usus besar dan jantung, mereka otomatis akan menderita infeksi mulut.

Ketika sedang berpuasa, mulut akan istirahat memasukkan segala macam makanan. Keadaan seperti ini sangat baik bagi penderita infeksi mulut untuk proses penyembuhan.

Ketiga, memelihara kesehatan gigi dan gusi. Sehat atau sakitnya tubuh manusia, semuanya bermula dari mulut mereka. Jika gigi dan gusi bermasalah, maka akan mempengaruhi kesehatan anggota tubuh yang lainnya.

Penyebabnya adalah kuman-kuman dan bakteri yang ada dimulut. Ketika kita sedang memakan sesuatu, bakteri dan kuman-kuman didalam mulut akan terbawa bersama makanan yang masuk kedalam pencernaan. 

Makanan dan bakteri tadi diserap oleh dinding-dinding usus sebagai asupan gizi bagi tubuh. Sehingga bakteri dan kuman-kuman tadi menyebar ke seluruh tubuh melalui darah.

Untuk itu, perlu diperhatikan kebersihan gigi dan mulut pada saat setelah sahur. 

Sangat dianjurkan untuk menyikat gigi dengan baik dan benar agar mulut senantiasa bersih dan segar. Semoga bermanfaat. [Nur Halimah/ Disarikan dari Ensiklopedia Mukjizat Al-Qur'an dan Hadis]