Ads Header

Breaking News

Kanji Rumbi, Makanan Turun-Temurun Dibulan Ramadhan

Foto Google

SALAH satu masjid yang berada dikawasan Banda Aceh rutin untuk menyajikan takjil dibulan Ramadhan, yaitu masjid Hidayatullah, Peurada, Banda Aceh. Makanan takjil yang dimasak langsung oleh beberapa pengurus masjid ini adalah salah satu menu andalan dibulan suci Ramadhan, yaitu kanjirumbi.

Aktivitas memasak kanji rumbi ini rutin disetiap bulan Ramadhan, mulai dari hari pertama puasa, hingga hari ke 27 puasa, dan kegiatan memasak kanjirumbi ini telah turun menurun sejak tahun 1990. Makanan yang berasal dari kota Sigli ini benar-benar menggugah selera masyarakat sekitar, dan memang  sangat pas jika dimakan untuk berbuka puasa.

Alasan pengurus masjid memasak kanjirumbi ini karena sudah permintaan dari masyarakat dari tahun ke tahun.

Rustam(48), salah seorang pengurus masjid dan juga relawan yang ikut membantu memasak kanji rumbi ini telah bekerja selama 15 tahun.

“Saya sudah bekerja disini selama 15 tahun, dan alhamdulillah sampai sekarang masih bisa bekerja,” ujar Rustam.

Rustam bersama kedua temannya yang bernama Yasbi dan Kasir, memang sudah memasak kanjirumbi ini bertahun-tahun disetiap bulan puasa, mereka relawan tetap yang selalu memenuhi permintaan masyarakat. Tempat mereka masak kanjirumbi tersebut tepat berada didepan seberang jalan masjid Hidayatullah.

Untuk bahan baku kanji rumbi ini bisa menggunakan ayam, udang, maupun kerang, kemudian ditambah beras, santan dan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cengkeh, lada, dan seledri.



Kanjirumbi ini dimasak didalam kuali besar atau dalam bahasa Acehnya disebut Blangong. Proses memasak kanjirumbi ini lebih kurang sekitar  2 jam, dan harus selalu diaduk agar dibawahnya tidak berkerak.

“Kami biasanya mulai masak dari jam 13.45 sampai 15.45, alhamdulillah selalu siap sebelum ashar tiba, lalu kami segera membawanya ke masjid”, ujar Rustam. [Ulfa Mudhia]/Tek

Baca Juga:

Ramadhan Bulan Kepedulian Sosial