Iklan

Iklan

Kekarah, kudapan Warisan Indatu

6/26/20, 15:47 WIB Last Updated 2020-06-27T09:42:42Z

WASATHA.COM - Kue Karah merupakan salah satu pengganan tradisional khas Meulaboh, Aceh Barat. Kue yang sangat terkenal dari masa ke masa ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa yang menghasilkan citarasa manis, renyah dan gurih. Dibuat dalam berbagai macam bentuk yang unik, seperti bundar, lemping, dan segi tiga, kue karah juga biasa disebut kue sarang burung karena teksturnya menyerupai serabut.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Meulaboh, tidak sah rasanya jika belum mencoba renyahnya karah yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut.


Resep olahan turun temurun ini tak pernah pudar karena sering kali disajikan pada saat pesta pernikahan sebagai hantaran dari pihak pengantin laki-laki (linto baro) kepada pihak pengantin perempuan (dara baro dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran biasanya.

Tidak hanya sebagai hantaran pernikahan, karah juga disajikan pada saat menjelang hari raya atau acara adat dan kenduri Aceh.

Salah seorang pengrajin kue karah ini, Maisarah yang memulai usahanya sejak tahun 1983 di Desa Peunaga, Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, menyebutkan, kerajinan membuat kue karah merupakan rutinitas ibu-ibu rumah tangga kawasan Peunaga, hingga dapat memproduksi 500 kue karah perhari.

“ini resep dari mendiang orang tua saya terdahulu, saya belajar dari awal hingga sekarang menjadikan karah sebagai mata pencaharian, anak cucu juga saya ajarkan sehingga mereka juga bisa membuatnya,”ujar Maisarah sambil menyalin karah yang sudah matang.

Alat pembuatan kue Karah masih sangat tradisional yaitu menggunakan tempurung kelapa yang memiliki 6 lubang kecil sebagai acuan adonan tepung beras, serta sepasang kayu sebagai spatula untuk membentuk kue karah sesuai keinginan, dan terakhir tempurung yang di lubangi satu titik untuk meniriskan minyak dari kue karah yang sudah matang.

Dalam proses penggorengan kue karah langkah pertama, adonan tepung beras di masukkan ke tempurung yang akan diputar pelahan hingga membentuk lingkaran kecil di atas minyak, langkah kedua menunggu hingga warna kekuningan setelah itu membentuk kue sesuai keinginan menggunakan spatula, dan langkah terakhir kue di angkat dan tiriskan di dalam tempurung.

Harga jual kue karah seribu rupiah satuannya. Pendisribusian Kue karah tidak hanya dikawasan Aceh tetapi juga diluar Aceh seperti Medan, Padang, Jakarta, hingga sudah mengudara ke negeri Belanda.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kekarah, kudapan Warisan Indatu

Terkini

Topik Populer

Iklan