Peserta dari 9 Negara Ikut Talkshow Online Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar talkshow internasional selama dua hari, Senin (27/4) hingga Selasa 28 April 2020. Kegiatan itu diikuti oleh peserta dari 9 negara, termasuk diaspora Aceh di luar negeri.

Dalam keterangan pers yang dikirim Dema Fakultas Psikologi, disebutkan talkshow itu berlangsung dua hari mengingat ada perbedaan waktu antar negara dari masing-masing pemateri, sehingga panitia harus menyesuaikan waktu kesemua pemateri sebelum dapat menyusun jadwal kegiatan.

Ketua Dema Fakultas Psikologi, Rizki Prahmana berharap kegitan itu dapat mempelajari karakteristik lokal dan budaya asing dapat memperluas perspektif mahasiwa terhadap isu kebudayaan global sekaligus membentuk rasa toleransi terhadap perbedaan terutama berkaitan adat dan budaya asing.

Menurut Rizki, kegiatan mengusung tema “Go Around the World from Your Home During 
Covid-19, dalam rangka mempelajari Psikologi Lintas Budaya sebagai inisiatif belajar daring bagi mahasiswa di musim pandemi.

“Tidak hanya kepada mahasiswa Fakultas Psikologi saja, namun kepada seluruh mahasiswa yang tertarik mengenal lebih jauh tentang adat dan budaya negara-negara berbeda dari seluruh dunia,” katanya.

Talkshow ini dimulai pada Senin, pukul 09:00 WIB via Google Meets tersebut menghadirkan pembicara, seperti Nurul Syafika Binti Amir Hamzah (Malaysia), Mutahara Rahmen Khan (Pakistan), Srijana Bhandari (Nepal–New York), Rachel Jean Brouwer (USA), Brenda Delgadillo (USA) dan Ida Fitria S.Psi., M.Sc, yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Psikologi Lintas Budaya sekaligus menjadi pembicara dari UIN Ar-Raniry.

Dalam kegiatan tersebut, para narasumber menyampaikan beberapa point yang menarik mengenai parenting dan kemandirian remaja Barat dan Timur juga kekeluargaan dan kehangatan masyarakat wilayah Timur. 

Narasumber juga menyampaikan kondisi personal terkait kondisi COVID-19. Sesi pertama ditutup dengan refleksi lintas budaya dan kemanusiaan di tengah pandemi dan saling mendoakan agar semuanya berada dalam keadaan sehat dan siaga namun tetap harus berkarya.

Sementara pada sesi kedua, talkshow diisi oleh tiga orang pembicara yaitu Asmaul Husna (Aceh–Russia), Kabir Ibrahim Tukur (Afrika), dan Mutahara Rahmen Khan (Pakistan). Pada hari kedua, pembicara berbagi pengalaman seputar menyambut Ramadhan di negara asing, mengenai peraturan pemerintah yang berbeda, dan sebagainya.

Ida Fitria S.Psi., M.Sc, dosen pengampu sekaligus pembicara pada talkshow ini berharap acara tersebut dapat menyuntik semangat mahasiswa agar tetap bersinergi dan tidak bosan untuk belajar dari rumah. [Fatimah Zuhra]

No comments