Penjahit Binaan RUMAN Aceh Kerjakan 1.400 Masker Kain

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh – Tiga orang ibu rumah tangga binaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh yang berprofesi sebagai penjahit rumahan sedang mengerjakan pesanan 1.400 buah masker berbahan kain. 

Ke 1.400 masker yang dikerjakan itu merupakan pesanan dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melalui PKBM RUMAN Aceh untuk 700 pekerja kebersihan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya saat mendampingi Shella Sofya, Staf TU Sekretariat DLHK3 Banda Aceh ke rumah salah seorang penjahit di Gampong Lamtemen Barat, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh pada Selasa (14/4/2020) kemarin. 

“Tiga penjahit rumahan tersebut merupakan binaan kita sejak beberapa tahun lalu. Kita pernah bekali mereka keterampilan handicraft seperti dompet makeup, tempat pentul, berbagai macam kreasi bros dan lainnya”, ujar Rizky. 

Pesanan masker berbahan kain itu, imbuh Rizky selanjutnya, dikerjakan oleh 3 ibu rumah tangga yang berada di 3 gampong dalam wilayah Kecamatan Jaya Baru. Setiap penjahit mengerjakan jumlah yang berbeda. 

“Kami tidak mengambil keuntungan apa pun dari orderan ini. Sebaliknya, kami bahagia bisa memfasilitasi pekerjaan ini buat keluarga yang terdampak langsung wabah covid-19”, imbuh Rizky yang juga pendamping PKH Kecamatan Jaya Baru sejak 5 tahun lalu.

Lena Keumala Sari dan suaminya, penjahit rumahan yang dikunjungi PKBM RUMAN Aceh dan Staf TU DLHK3 mengungkapkan kesyukuran dan kebahagiaannya atas orderan masker kain itu. 

“Sejak wabah corona, orderan kami kosong. Sedangkan anak kami ada 4 orang, semuanya usia sekolah. Oleh karena itu, kami sangat bersyukur dan bahagia sekali mengerjakan orderan ini”, ujar Lena 

Sementara itu, Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani SH., melalui Stafnya, Shella Sofya mengungkapkan bahwa masker berbahan kain itu sengaja mereka order sebagai bagian dari paket yang akan dibagikan kepada para pekerja kebersihan di Kota Banda Aceh. 

“Setiap jelang Ramadhan, kita bagikan paket bahan makanan pokok kepada para pekerja kebersihan di Kota Banda Aceh. Nah, Ramadhan kali ini kita akan tambahkan 2 buah masker dalam paket tersebut sebagai ikhtiar pencegahan berkembangnya covid-19”, kata Shella Sofya usai mengunjungi rumah Lena.[]

No comments