KPM Mahasiswa UIN Tetap Lanjut, Gelombang II Ditunda Sementara

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Saifullah mengatakan bahwa proses perkuliahan secara tatap muka akan dihentikan sementara namun diganti dengan perkuliahan menggunakan media daring mulai 16 Maret – 31 Maret 2020.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Rektor nomor 380/Un.08/R/Kp.07.6/03/2020 tentang pelaksanaan kegiatan perkuliahan di rumah.

Akan tetapi Wakil Rektor juga menyebutkan bahwa proses perkuliahan yang sedang berjalan seperti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler Terpadu akan tetap berlangsung seperti biasa.

“yang sedang berjalan (mahasiswa KPM di Aceh Tengah) dilanjutkan, yang belum ditunda dulu,” katanya kepada wasatha.com melalui pesan daring pada Senin (16/3) dini hari.

Sedangkan untuk KPM Gelombang II ke Aceh Jaya yang belum berangkat akan ditunda sementara.

“Iya, Ditunda. Nanti kita lihat perkembangannya,” ujarnya singkat.


Hal ini diambil karena mengingat untuk pencegahan penyebaran dari wabah virus corona atau covid-19 yang semakin merebak ke seluruh dunia termasuk Indonesia.




Sebelumnya, pihak kampus melalui surat Edaran Rektor nomor 380/Un.08/R/Kp.07.6/03/2020 telah mengeluarkan beberapa kebijakan:


a. Perkuliahan di Kampus UIN ar-Raniry untuk sementara tidak dilakukan secara tatap muka mulai tanggal 16 Maret sampai 31 Maret 2020;

b. Para Dekan dan Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry agar mengkoordinir para Ketua Prodi dan Dosen untuk melaksanakan perkuliahan di rumah melalui media daring (dalam jaringan/online) atau media lainnya;

c. Para dosen agar melaksanakan perkulialian dan penugasan lainnya di rumah masing- masing secara daring (dalam jaringan/online) dengan memperhatikan aspek dokumentasi sebagai bukti perkuliahan sudah dilaksanakan;

d. Para dosen agar melakukan penjadwalan ulang kegiatan laboratorium, praktik lapangan atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang (mahasiswa);

e. Semua mahasiswa agar tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan banyak orang;

f. Mahasiswa yang tinggal di Ma’had UIN Ar-Raniry agar tetap berada di asrama dan
mengikuti kuliah secara daring (online) atau media lainnya;

g. Absensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilakukan secara manual di unit kerja masing-masing ;

h. Kegiatan administrasi perkantoran berlangsung sebagaimana biasa.[]

No comments