Donor Darah Tidak Akan Menularkan Covid-19

Share:
Donor Darah Tidak Akan Munularkan Covid-19

"Transfusi darah merupakan secercah harapan bagi mereka yang membutuhkan"


WASATHA.COM|BANDA ACEH- Hingga saat ini jumlah kasus positif corona atau covid-19 di Indonesia terus meningkat menjadi 450 kasus,  dan kekhawatiran masyarakat terhadap Virus Covid-19 semakin hari tinggi. itu juga berpengaruh terhadap kegiatan Transfusi darah yang rutin dilaksanakan palang merah Indonesia (PMI), jumlah pendonor setiap harinya semakin berkurang.  mereka tidak inggin melakukan transfusi darah karna takut akan menyebarnya virus corona.

Penurunan pendonor sangat terasa semenjak adanya anjuran untuk berada dirumah selama 14 hari, kepedulian terhadap orang lain nyaris berkurang. pikiran mereka sudah di hantui dengan adanya informasi mudahnya penyebaran virus Covid-19 ini.

Hal ini justru membuat pihak palang merah Indonesia (PMI)  kewalahan dalam menaggani pasien-pasien yang membutuhkan darah dirumah Sakit.  Dan jumlah pasien yang membutuhkan darah terus menigkat setiap harinya.  Pasien seperti penderita Thalasemia,  Ibu hamil, demam berdarah DLL,  tidak bisa menuggu hingga 2 minnggu lamanya untuk menjalankan tranfusi darah. 
dikutip dari "liputan6.com jumat 20 maret"  ketua umum palang merah Indonesia (PMI) Jusuf kalla menghimbau pada masyarakat yang sehat agar tetap mendonorkan darahya di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Sebab masih banyak orang-orang yang membutuhkan darah, dan pasien-pasien di berbagai rumah sakit membutuhkan darah setiap harinya.

seharusnya masyarakat lebih paham virus tidak menular melaui darah. pendonor tidak perlu khawatir akan menyebarnya virus menyebarnya virus melaui tranfusi darah.  palang merah Indonesia sudah mempunyai Standar prosedur oprasional (SPO)  jauh sebelum virus ini ada.  mereka selalu berusaha akan steril mungkin dalam menjalankan tugasnya.

tidak hanya sampai disini,  masyarakat juga harus tau bahwa donor darah mempunyai bayak sekali manfaat.  Tidak hanya bagi penerima namun juga bagi yang mendonorkan. Berikut manfaat donor darah:
1. mendapatkan kepuasan batin dikarenakan darah yang di sumbang menyelamatkan nyawa orang lain.
2.  kesehatan kita menjadi terpantau dikarenakan kondisi kesehatan kita akan di periksa secara teratur.  dengan ini dapat menurunkan resiko mudah terkena penyakit pembuluh darah dan jantung.
3. rutin melakukan donor darah dapat membantu memproduksi sel darah baru.  dengan ini tubuh akan tetap sehat dan bekerja Secara optimal.
4. membuat pikiran lebih rilex,  mendonorkan darah dengan rutin dapat membuat pikiran anda lebih ringan dan dapat mengurangi stress berlebihan.
5. tidur kembali normal atau teratur, dengan mendonorkan darah akan  menurunkan kadar insomia.

bukan hanya manfaat saja,  seorang pendonor juga harus memenuhi beberapa Syarat:
1. laki-laki dan wanita berusia 17-70 tahun
2. Sehat jasmani dan rohani melalui pemeriksaan dokter
3. berat badan minimal 45 kg
4. memiliki kadar hemaglobin minimal 12,5 g/dl
5. tidak menderita penyakit berisiko tinggi seperti HIV/AIDS, hepatitis, sifilis,  jantung, hati,  paru,  ginjal dan penyakit kronis lainya.
6. bagi wanita yang sedang mengalani haid,  hamil,  atau menyusui tidak di perkenankan untuk mendonor.

dari pernyataan di atas diharapkan masyrakat agar tidak takut akan menularnya virus covid-19 ini melalui transfusi darah. karna palang merah Indonesia (PMI)  sudah menjamin dengan adanya Standar Prosedur Oprasional (SPO)

 (Abdiah, Mahasiswa Prodi Komunikasi Dan Penyiaran) 



No comments