Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Iklan

Iklan

Turki Berhasil Evakuasi 90 Korban Bom Somalia

Rizki Ananda
12/31/19, 09:33 WIB Last Updated 2019-12-31T03:13:02Z



WASATHA.COM, MOGADISHU- Ledakan bom di truk Mogadishu, Somalia, Sabtu (28/12) menelan beberapa korban. Korban tersebut di evakuasi oleh Turki dan diberi perawatan lebih lanjut.

Dikutip dari Republika, Sebanyak 24 Dokter turki dikirim untuk merawat korban yang terluka terkena bom tersebut. Selain itu, korban tersebut di evakuasi ke negara ibukota Ankara tersebut.

Mohammed Abdi Hayir Mareye, Menteri Informasi Somalia, mengatakan sebanyak 10 warga Somalia yang terluka parah dalam ledakan Sabtu akan diungsikan ke Turki. Turki sendiri telah mengirimkan 24 Dokter untuk merawat korban Somalia tersebut.

Pemboman tersebut memakan korban sebanyak 90 orang, dua diantaranya adalah warga negara Turki.

Staf medis yang dikirimkan ke Somalia diangkut dengan menggunakan sebuah pesawat kargo militer. Pesawat itu mendarat di ibu kota Somalia pada minggu (29/12) untuk mengevakuasi orang-orang yang terluka parah.

Selain mengevakuasi korban, pesawat itu juga membawa persediaan untuk membantu kebutuhan dari negara Turki. Sebagian korban pun telah dibawa ke rumah sakit dikelola Turki di Mogadishu.

Ledakan bom terjadi di sebuah pos pemeriksaan selama jam sibuk di Mogadishu peristiwa itu menjadi ledakan paling mematikan di Somalia yang dilanda perang lebih dari dua tahun lalu.

Belum ada kejelasan mengenai oknum yang telah melakukan pemboman. Walaupun, pihak berwenang menyalahkan kelompok Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda.

Presiden Mohammed Abdullahi Farmaajo mengatakan kelompok itu berusaha membunuh orang tidak bersalah dan menghancurkan infrastruktur pada sabtu malam. 

“Orang-orang dan perintahnya tidak akan pernah mengalami demoralisasi untuk mencapai tujuan pembangunan dan pembangunan kembali negara kita”, terangnya.

Sejak kelaparan 2011, Turki telah menjadi penyedia bantuan utama ke Somalia. Ankara sendiri beruapaya meningkatkan pengaruhnya di Tanduk Afrika yang strategis dalam persaingan dengan Arab Saudi dan Uni Emirate Arab. []


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Turki Berhasil Evakuasi 90 Korban Bom Somalia

Terkini

Topik Populer

Iklan