Iklan

Iklan

Aksi Peduli Lingkungan, Pertamina Sabang Tanam 6.000 Mangrove

Rizki Ananda
12/30/19, 17:58 WIB Last Updated 2019-12-30T12:43:06Z
penanaman Simbolis Mangrove oleh BM Rumah Zakat Aceh, TNI AL Sabang, Walikota Sabang, Koramil dan lainnya. (pertama dari kanan ke kiri)

WASATHA.COM, SABANG- Sebagai upaya menjaga alam, PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) l Fuel Terminal Sabang bekerjasama dengan Rumah Zakat Aceh melakukan penanaman 6.000 mangrove di Sabang, Senin (30/12/19).

Aksi tanam mangrove tersebut  difokuskan di pesisir pantai Gampong (Desa) Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

Kegiatan ini mendapat banyak respon positif dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat hingga pemerintah kota.

Aksi tersebut dihadiri langsung Manager PT. Pertamina (Persero) MOR l Fuel Terminal Sabang, Kepala DLHK Sabang, perwakilan TNI AL Sabang, Perwakilam Koramil Sukajaya, perwakilan Polsek Sukajaya, Kepala urusan pemerintahan kantor Geuchik Jaboi, Kepala Rumah Zakat Aceh beserta jajaran, serta sejumlah petani mangrove dan masyarakat gampong Jaboi.

Dalam sambutannya Manager PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) l Fuel Terminal Sabang, Achmad Wahyudi menerangkan bahwa program penanaman mangrove ini merupakan CSR (Coorporate Sosial Responsibility) PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Sabang dalam aspek lingkungan tahun 2019.



“Salah satunya untuk menjaga keseimbangan ekosistem, mencegah abrasi pantai ini. Untuk kedepannya kita akan terus monitoring apa yang harus kita lakukan ke depan. Program CSR kami ini ada empat program, salah satunya mangrove ini", terangnya.

Pada berita sebelumnya,  pihak Pertamina MOR I FT Sabang itu sendiri telah melaksankan Launching Program Bantuan Pendidikan untuk 6 Sekolah, Program Kesehatan berupa Revitalisasi Posyandu Sehati dan Community Development bidang UKM Olahan Ikan dalam sepekan terakhir.

"kegiatan lainnya yang sudah kita lakukan itu ada peningkatan SDM yaitu pengolahan ikan, ada Posyandu dan bantuan pendidikan ke sekolah- sekolah", terangnya kembali.

Dalam program penanaman 6.000 mangrove ini diketahui pihaknya juga telah melibatkan petani mangrove gampong Jaboi, yang diawasi langsung oleh pihak Rumah Zakat Aceh dengan tujuan pemeliharaan mangrove yang telah ditanam.

Tanaman Mangrove yang telah ditanam

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Sabang, Anas Fahruddin mewakili Walikota Sabang, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT. Pertamina Bersama Rumah Zakat Aceh, karena dengan adanya kegiatan tersebut bisa menjaga keseimbangan lingkungan.

“Atas nama pemerintah kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. karena apa yang telah dilakukan pemerintah termasuk di dalamnya pertamina dan rumah zakat ini, sangat kita butuhkan untuk menjaga lingkungan pesisir. Kita tau Sabang ini kota wisata yang diprioritaskan kawasan laut dan pesisir. Jadi kita upayakan kawasan itu jangan ada yang rusak,” harapnya.

Dia menilai, hal ini juga merupakan salah satu upaya pihak- pihak yang peduli akan kelestarian alam, dalam mendukung keberlangsungan pengembangan pariwisata Sabang, yang didominasi oleh pariwisata laut dan pantai. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aksi Peduli Lingkungan, Pertamina Sabang Tanam 6.000 Mangrove

Terkini

Topik Populer

Iklan