Meseum Tsunami sebagai Kenangan Rakyat Aceh

Share:

Menjadi tempat bersejarah bagi masyarakat Aceh, Meseum Tsunami adalah salah satu penggambaran akan peristiwa yang mengingatkan rakyat Aceh tentang kejadian kelam pada tanggal 26 Desember 2004, yaitu peristiwa dahsyat yang mengemparkan bumi serambi mekah dengan hantaman gelombang besar menyelimuti Kawasan Aceh. Terlebih dari musibah ini, banyak dari masyarakat Aceh yang  kehilangan sanak saudara yang ditinggal mati atas gelombang dahsyaht tersebut. Dimana Meseum Tsunami menjadi salah satu tempat untuk menggingat kembali akan kejadian dipengujung Desember di tahun 2004.
Meseum ini sangat cocok untuk wisata pendidikan dikarenakan kita bisa melihat kembali sisa-sisa dari peninggalan bekas Tsunami. Dan berlokasi yang sangat strategis yaitu berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116 tepat di pusat kota Banda Aceh.
Pendirian Meseum ini dirintis oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias dan dirancang oleh arsitek asal Bandung, Ridwan Kamil yang memenangkan sayembara tingkat internasional yang diselenggarakan pada tahun 2007 dalam rangka memperingati musibah tsunami 2004. Bangunan tersebut berkonsep rumoh Aceh dan on escape hill dan sebagai referensi utamanya adalah nilai-nilai Islam, budaya lokal, dan abstraksi tsunami.
Sekarang Meseum Tsunami ini menjadi ikon penting, karena Meseum Tsunami bisa menjadi rujukan untuk kita berwisata sambil belajar. Terima kasih…



No comments