Lampion Terbang, Indah Namun Berbahaya

Share:
Foto : olx.co.id


WASATHA.COM, Banda Aceh- Lampion terbang bukanlah benda asing lagi bagi khalayak, selain menerangi gelapnya lagit malam, lampion terbang juga merupakan momen indah. Tidak sedikit yang menyukai lampion terbang itu, bahkan ada beberapa event yang membuat closing dengan cara menerbangkan lampion cantik ini.

Namun, tahukah anda jika lampion terbang ini berbahaya bagi bumi. Akibat adanya penerbangan lampion terbang ini, dapat memicunya kebakaran hutan, gangguan penerbangan pesawat, padamnya listrik karena terbakarnya pusat tenaga listri. Tidak hanya itu, lampion terbang juga berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di laut, karena terkadang lampion yang sudah diterbangkan ketika padam akan kembali ke darat, ataupun kelaut. Sehingga ini juga dapat merusak ekosistem baik yang ada di darat maupun di laut.

Banyak ikan yang mati akibat memakan sampah plastik, salah satunya sampah lampion tersebut. karena setinggi apapun lampion itu terbang dia tetap akan kembali ke bumi.

Penerbangan lampion terbang ini belum di larang di Indonesia, bahkan lampion terbang ini masih sering jadi momen yang paling ditunggu-tunggu dan memang selalu ada dalam acara Waisak di Candi Borobudur.

Berbeda dengan Indonesia beberapa negara tetangga sudah melarang penerbangan lampion, diantaranya Vietnam, dan Thailand.

No comments