Lima Gejala Hypersomnia, Penyakit Anak Kost?

Share:

Oleh : Mufti Lazuardi

Taukah kamu?, hipersomnia merupakan gangguan tidur yang sangat berbahaya, hal ini dikarenakan dapat membuat kondisi yang seseorang merasakan kelelahan dan ingin tidur meskipun sudah tidur dalam waktu cukup.

Sindrom hipersomnia biasanya dapat menyerang  penderitanya dengan memberikan dampak rasa kantuk yang luar biasa pada siang hari, berbeda dari rasa lelah karena kurang tidur atau begadang.

orang yang menderita hipersomnia dapat tidur berulang kali di siang hari, bahkan pada waktu yang tidak tepat seperti saat bekerja, saat makan, bahkan saat mengobrol.

Para pengidap hipersomia ini sering mengalami kesulitan untuk bangun pada pagi hari setelah tidur pada malam hari atau tidur siang, bahkan  termasuk pada saat mengemudikan kendaraan.

Selain itu penderita penyakit ini juga bisa mengalami penurunan fungsi kognitif yang signifikan akibat rasa mengantuk.

Hipersomnia dapat berkembang selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penderita hipersomnia semakin meningkat khususnya bagi masyarakat di negara-negara industri.

Berikut gejala hipersomia yang wajib di ketahui :

Sulit Berkonsentrasi

Studi yang dilakukan di Universitas California telah menemukan adanya hubungan antara tidur dengan kemampuan daya ingat otak.

Saat Anda tidur, gelombang otak diproduksi untuk menyimpan memori.

Gelombang tersebut akan mentransfer hippocampus ke prefrontal korteks, yang merupakan tempat memori jangka panjang disimpan.

Sehingga saat Anda kurang tidur memori otak tidak akan sampai ke prefrontal korteks.

Akibatnya, Anda akan lebih mudah lupa dalam mengingat sesuatu hal, seperti nama seseorang.

Sulit Mengingat

Dipicu oleh sejumlah kondisi seperti kurang tidur, stres, pengaruh hormon, misalnya ketika menstruasi dan dalam kondisi hamil, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga kekurangan vitamin dan mineral akibat pola makan tidak sehat.

Mudah Marah Atau Tersinggung

Setiap orang punya topik-topik tertentu yang membuatnya mudah tercetus emosinya.

Jika tiba-tiba Anda memiliki banyak topik yang membuat marah dan kesulitan dalam mengendalikannya, maka Anda membutuhkan bimbingan psikolog dalam mengatasi amarah ini.

Sering Merasa Cemas

Gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang serius.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi.

Rasa cemas yang timbul merupakan reaksi alami tubuh terhadap stres, yang sebenarnya bermanfaat untuk membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan waspada.

Namun, rasa cemas bisa menjadi tidak sehat jika muncul secara berlebihan, sulit dikontrol, atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini disebut sebagai gangguan kecemasan.

Tidak Nafsu Makan

Akibat kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah.

Untuk menangani nafsu makan menurun adalah dengan mengetahui penyebabnya. Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit.

Menerapkan Perubahan gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya dengan membentuk jadwal tidur yang teratur.

Terapkan pola Sleep hygiene dengan menghindari aktivitas yang dapat membuat kualitas tidur Anda berkurang ketika akan memasuki waktu tidur.

Pola tidur sehat ini membantu membangun kebiasaan tidur yang lebih baik untuk mengurangi akibat negatif dari kurang tidur seperti menggunakan bantal dan jauhkan sumber distraksi.

No comments