Psikologi UIN Ar-Raniry Gelar Konferensi Mahasiswa

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 5 (Lustrum), Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Konferensi Mahasiswa Psikologi I. 

Konferensi ini mengambil tema  Positive and Social Psychology, yang berlangsung selama 2 hari mulai Rabu hingga Kamis (19/12). Merupakan konferensi psikologi pertama yang dilaksanakan oleh organisasi mahasiswa psikologi.

Konferensi ini menghadirkan 4 pembicara utama yaitu Psikolog senior Aceh yaitu Ibu Nurjannah Nitura, Psikolog, M.M, Peneliti Senior Aceh Institute Dr. Fajran Zain, MA, Dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry sekaligus sekretaris umum alumni UPSI aceh Ida Fitria, S.Psi., M.Sc dan  Nurul Husna, S.Psi., M.Sc.

Dalam paparan singkatnya, Ida Fitria , S.Psi., M.Sc. salah satu penggagas kegiatan ini menyatakan bahwa mahasiswa harus mampu menjadi solusi terkait masalah-masalah yang ada di masyarakat, salah satunya dengan melakukan penelitian-penelitian yang dapat menjawab permasahan yang dialami masyarakat.

“Mahasiswa harus mampu menjadikan dirinya menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang ada pada masyarakat salah satu caranya adalah dengan melakukan penelitian-penelitian yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat,” kata Ida Fitria

Sebagai sebuah konferensi ilmiah, kegiatan ini juga menyediakan waktu bagi 90-an peneliti dari kalangan mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry untuk menampilkan 30 hasil penelitian dasar dari berbagai masalah seperti Indegenious Psychology, Psikologi Sosial, Psikologi Keluarga dan sebagainya.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Dr Salami MA mengatakan bahwa inisiatif dan membangun akademik dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa psikologi se-Aceh, Sumatera bahkan Indonesia.

“Inisiatif yang baik dalam membangun suasana akademik yang baik dan diharapkan dimasa yang akan datang, konferensi bisa lebih ditingkatkan seperti untuk mahasiswa psikologi se-Aceh, se-Sumatera bahkan se-indonesia. Sebagai informasi, artikel terbaik dalam kegiatan ini akan dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Psikoislamedia dan seluruh artikel yang dikirimkan akan dimuat di dalam proceeding konferensi yang dapat diakses oleh masyarakat luas,” ujar Dr Salami.[]

No comments