Iklan

Iklan

RUMAN Aceh Sambangi Ulama Qiraat Asal Mesir

12/20/19, 18:46 WIB Last Updated 2019-12-20T11:46:04Z


WASATHA.COM, Banda Aceh – Lembaga pendidikan dan pusat kegiatan belajar (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menyambangi Syaikh Abdurrahman Muknis Al-Laitsi, Ulama Qiraat asal Mesir pada sore Kamis (19/12/2019).

Rombongan RUMAN Aceh yang dibawa langsung oleh pendirinya, Ahmad Arif, menjumpai Syaikh Muknis, terdiri dari tiga orang relawan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan seorang Tutor pendidikan kesetaraan.

Saat menerima rombongan RUMAN Aceh di gedung Puslatbang KHAN LAN RI, Syaikh Muknis didampingi Khalid Muddatsir, Lc., dan Fazlul Ridha, Lc, Ketua Panitia Daurah Tajwid Internasional III yang digelar Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh sejak Sabtu (14/12) lalu.

Arif menuturkan, selain menyambungkan tali persaudaraan sesama muslim (silaturrahim), pihaknya sengaja menyambangi Syaikh Muknis untuk meminta nasihat, doa dan barakah.

“Kita sengaja mendatangi Syaikh Muknis untuk meminta nasihat dan doa serta mengharapkan barakah dari seorang ulama yang sanad ilmu qiaraatnya tersambung hingga kepada Rasulullah Muhammad SAW melalui jalura sahabat yang mulia”, ujar Arif.

RUMAN Aceh, imbuh Arif selanjutnya, menjalan khidmah bagi masyarakat sejak April 2013 lalu dengan 3 prinsip utama. Yaitu, nirlaba atau nonprofit, independen dan hana fee. Prinsip yang ketiga, hana fee itu sangat berat.

“Yang kita bina di Sekolah, baik formal mau pun non formal adalah anak manusia yang harus diperhatikan betul sumber dari asupan jiwa dan makanan raganya. Karena itu kita gariskan prinsip hana fee dan sekuat tenaga menjalankannya”, tutur Arif.

Syaikh Muknis memberikan apresiasi positifnya kepada RUMAN Aceh sembari meminta agar terus menjalankan khidmah dengan prinsip tersebut. Menurutnya, sudah sangat jarang ada orang atau lembaga seperti itu.

"Teruslah berbuat baik, sebab itulah bekal kita kesana kelak. Jangan lupa untuk selalu memperbaharui niat. Ikhlas adalah kuncinya. Letaknya di dalam jiwa. Jika kita bekerja sesuai dengan tuntunan Ilahi, Dia yang maha segala pasti akan membantu dengan cara yang seringkali tidak pernah kita duga. Saya doakan RUMAN Aceh istiqamah selalu ", ujar beliau sembari tersenyum.

Di sela-sela perbicangan, Syaikh Muknis menghadiahkan buku “Nurul Bayan” kepada pendiri RUMAN Aceh. Belia mengatakan, buku itu dipakai di Mesir dalam mengenalkan dan mengajarkan Al Quran kepada anak-anak sejak usia dini. Seperti buku “Iqra” di Indonesia.

Sebagai informasi, Syaikh Muknis telah berdomisili di Malaysia sejak tahun 2005 lalu. Beliau menikahi muslimah Melayu dan telah dianugerahi 6 orang anak, bahkan menguasai beberapa dialek bahasa Melayu Malaysia. Saat ini sedang menulis disertasi studi doktoralnya untuk salah satu universitas ternama Malaysia.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RUMAN Aceh Sambangi Ulama Qiraat Asal Mesir

Terkini

Topik Populer

Iklan