Iklan

Iklan

Mahasiswa Unsyiah Raih Juara di Forum Pemuda ASEAN

9/05/19, 11:05 WIB Last Updated 2019-09-05T04:06:03Z



WASATHA.COM, BANDA ACEH - Dua mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil meraih juara pada kegiatan ASEAN Youth Forum yang diadakan di Prince Songkla University, Hat Yai, Thailand pada 29 Agustus sampai 2 September.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Salsabila Mahdi dari Fakultas MIPA dan Intan Qanita dari Fakultas Kedokteran. Keduanya berada dibawah bimbingan Nur Fadli, S. Pi, M. Sc.,dosen di Fakultas Kelautan dan Perikanan dan juga koordinator untuk kerjasama internasional di Kantor Urusan Internasional Unsyiah.

Fadli menyebutkan, terdapat tiga jenis kompetisi dalam even ini, yaitu kontes pidato, kompetisi kuis ASEAN dan pengembangan proyek pariwisata ASEAN. Setiap tim terdiri dari dua kontestan dan satu pengawas. 

Dari ketiga perlombaan tersebut, lanjutnya, Salsabila Mahdi berhasil meraih juara dua untuk kontes pidato. Kemudian, Intan Qanita meraih juara dua Salsabila Mahdi mendapat juara tiga untuk dan pengembangan proyek pariwisata ASEAN. 

Salsabila dan Intan juga berhasil meraih juara dua untuk kompetisi quis ASEAN yang diperlombakan secara tim.

Event berskala internasional ini diselenggarakan oleh Dr. Thanat Khoman ASEAN Studies Center, Prince Songkla University, Thailand yang kali ini mengangkat tema Advancing Partnerships for Sustainability atau Memajukan Kemitraan untuk Promosi Pariwisata ASEAN yang Berkelanjutan.

Acara ini akan berupaya untuk menyoroti potensi pemuda ASEAN untuk berkontribusi terhadap promosi pariwisata ASEAN secara berkelanjutan.

Fadli memaparkan, peserta pada even ini berasal dari Indonesia dan Thailand. Selain Universitas Syiah Kuala, universitas lain yang telibat dalam kegiatan ini adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga.

Sementara dari Thailand yaitu Prince Songkla University, Hat Yai, Prince Songkla University, Phuket, Prince Songkla University, Pattani, Prince Songkla University, Surat Thani, Prince Songkla University, Trang, Burapha University, Mae Fah Luang University

"Ini adalah kali pertama kalinya Forum Pemuda ASEAN ini terselenggara, dan suatu kebanggaan bagi Unsyiah karena kedua mahasiswa yang kita kirimkan berhasil memperoleh juara pada ketiga jenis perlombaan,” ungkap Fadli.

Tahun 2020, tambah Fadli, even ini akan diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, dan Unsyiah akan kembali mengirim mahasiswa untuk mengikuti forum ini. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Unsyiah Raih Juara di Forum Pemuda ASEAN

Terkini

Topik Populer

Iklan