Dinas Pendidikan Dayah Fasilitasi Bahtsul Masail Ulama Dayah Aceh

Share:
Para peserta yang sedang mendengarkan penyampaian materi

WASATHA.COM, Banda Aceh - Dinas Pendidikan Dayah Aceh, memfasilitasi kegiatan forum Mubahasah Bahtsul Masail Ulama Dayah yang akan berlangsung dari (29-1/8/2019) di Hotel Al-Hanifi, Banda Aceh.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny pada Senin (29/7) malam membahas persoalan mengenai “Solusi Terhadap Legalitas Jual Beli Menggunakan Jasa Leasing Menurut Fiqih Muamalah” yang selama ini menjadi realitas ditengah masyarakat Aceh.

Usamah El-Madny dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh sangat mendukung segala aktivitas yang membahas solusi dari persoalan yang dihadapi oleh Ummat.

“Bentuk dukungan adalah dengan cara memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan dalam mubahasah Bahtsul Masail ini,” ujarnya.

Mewakili Plt Gubernur Aceh, Usamah El-Madny berharap agar forum yang melibatkan orang-orang terpilih dengan latar belakang keilmuan yang berbeda dapat menghasilkan suatu rumusan yang akan menjadi rujukan bersama bagi masyarakat dalam menggunakan lembaga keuangan (leasing) untuk membeli sesuatu.

Sementara itu, ia juga sangat mengapresiasi keterlibatan Ulama Dayah Aceh dalam Bahtsul Masail.

“Ulama Dayah Aceh dengan latar belakang ilmu-ilmu yang diperoleh di Dayah dapat membahas persoalan komtemporer dari persoalan ibadah, persoalan politik, ekonomi, sosial dan budaya serta hal-hal yang terkait dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengikuti perkembangan hukum di masyarakat, para Ulama sering memberikan alternatif jawaban yang terbaik sebagai rasa tanggung jawab sosial keberagamaan,” jelasnya.

Selain itu, Usamah El-Madny juga mengatakan bahwa Bahtsul Masail merupakan tradisi dari para Ulama Dayah Aceh.

“Dimana tradisi ini akan terus kita rawat bersama sebagai wadah untuk mencari solusi atas persoalan hukum baru yang terjadi di dalam masyarakat. Dinas Pendidikan Dayah Aceh siap membantu dan memfasilitasi tradisi ulama dayah ini,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Acara yang juga Kepala Bidang Santri pada Dinas Pendidikan Dayah Aceh Drs Muhammad Nasir dalam laporannya menyebutkan bahwa forum Mubahasah Bahtsul Masail ini diikuti oleh 75 orang peserta dari 23 kabupaten dan kota seluruh Aceh.

Adapun yang akan menjadi pemateri pada acara ini diantaranya, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM, Pimpinan Dayah Raudhatul Ma’arif Al-Aziziyah Muara Batu Aceh Utara, Tgk H Muhammad Amin Daud, Ketua HUDA Tgk Muhammad Yusuf A Wahab, Pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Darul Ulumuddin Blang Pidie ABDYA, Tgk Abu Yazid Al-Yusufi, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Tgk Alizar Usman, dan Dosen UIN Ar-Arniry, Dr Hafas Furqani.[]

No comments