Bingung Mau Ngapain Jelang Berbuka? Simak Lima Tips Ngabuburit Jemput Pahala

Share:
Siluet menunggu sunset (sumber foto: travel.detik.com)


Penulis: Saadatul Abadiah, Peserta Klinik Jurnalistik II Prodi KPI UIN Ar-Raniry

WASATHA.COM - Kebiasaan ngabuburit (mengisi waktu kosong jelang berbuka puasa) sudah menjadi tradisi yang tidak boleh terlewatkan oleh kita saat tibanya bulan Suci Ramadhan.

Biasanya ngabuburit kerap dilakukan bersama keluarga dan kerabat sambil menunggu tibanya waktu berbuka.

Namun tahukah anda bagaimana awal mulanya ngabuburit itu ada dan darimana kata tersebut berasal?

Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ‘ngabuburit’ berarti ngalantung ngadagoan burit, yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Sedangkan Burit artinya sore hari, waktu ini biasanya antara jam 15.30-17.30 atau usai shalat Ashar, sebelum matahari terbenam.

Waktu ini banyak dimanfaatkan oleh mayoritas kalangan muda mudi untuk mencari waktu bersantai.

Biasanya kita sering melakukan ngabuburit dengan menyesuri jalan-jalan sambil merasakan angin sore yang menerpa serta hilir mudik lalu lalang kendaraan yang terlintas menambahkan kenikmatan ngabuburit.

Daripada ngabuburit kita lakukan dengan hal yang biasa saja, sebaiknya ngabuburit  diisi dengan hal yang memberikan pahala sekalian mengafdhalkan ibadah puasa kita .

Berikut tips ngabuburit untuk mejemput pahala:

1. Mengujungi masjid-masjid

Bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Untuk itu seluruh umat muslim di dunia melaksanakan puasa sebagai bentuk ketaatannya  terhadap sang pencipta.

Agar pahala ibadah puasa kita tidak terganggu oleh hal yang tidak diinginkan dan menjaga dari zina mata, ada baiknya ngabuburit kita isi dengan berkunjung dan beritikaf di masjid supaya tercegah dari pandangan-pandangan yang merusak mata dan pikiran.

Masjid adalah rumah Allah yang dimuliakan, mengunjungi rumah Allah memberikan pahala bagi kita umat muslim karena semulia-mulianya tempat adalah masjid. Apalagi disaat kita sedang menjalani ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.

2. Kajian rutin

Bulan ramadan juga bisa dijadikan kesempatan untuk memperdalam ilmu agama Islam. Kegiatan kajian rutin bisa dijadikan pilihan saat ngabuburit. Kajian rutin dapat dilakukan bersama pemuka agama atau ustadz.

3. Tadarus Al Quran

Bulan puasa memungkinkan orang untuk pulang kerja dan berhenti dari rutinitasnya lebih cepat atau memiliki waktu lebih banyak untuk ibadah. Mengisi waktu jelang berbuka bisa dengan membaca satu atau dua juz Al Quran.

Selain menambah pahala, membaca Al Quran juga bisa menenangkan saraf-saraf otak setelah lelah bekerja, dan saat berpuasa waktu paling afdhal untuk ngabuburit itu adalah dengan membaca Al Quran.

4. Bagi takjil gratis

Takjil adalah makanan pembuka sebelum beranjak ke menu utama. Kegiatan amal tak selalu identik dengan memberikan segeggam uang. Ngabuburit bisa diisi dengan berbagi takjil dengan sesama kerabat. Bulan ramadan jadi waktu yang pas untuk memperbanyak amal.

5. Memasak

Bagi wanita memasak memang sudah menjadi keharusan, namun memasak juga memberikan pahala untuk kita apalagi memasak untuk orang yang hendak berbuka puasa nanti. Ditambah dengan niat karena Allah.

Ngabuburit yang cocok sambil memasak adalah dengan mendengarkan ceramah ustadz melalui media penyiaran, selain menambah pahala juga menambah wawasan ilmu pengetahuan.


No comments