Tausyiah di UIN, Pendiri Gaza Media Ajak Pemuda Berjuang

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh – Muhammad Husein Gaza, seorang aktivis kemanusiaan yang sudah delapan tahun menetap di Palestina menceritakan tentang bagaimana kondisi disana dan kisah perjuangannya kepada wasatha.com, Selasa (9/4/2019) di Masjid Fathun Qarib, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

“Saya berangkat ke Palestina bulan November 2010 dan sampai di Gaza pada Januari 2011, kita masuk Bersama konvoi relawan Asia to Gaza yang tergabung dari beberapa negara,” sebutnya.

Ia mengatakan, sejak sebelum masuk ke Gaza, semua resikonya sudah diperhitungkan sehingga ketika sampai disana pasti semuanya akan benar-benar berjuang sesuai dengan keahliannya.

“Ketika kita berjuang, itu tidak ada kaitannya antara kematian dengan perjuangan kita karena kematian itu kan sudah ditentukan menjadi ajal kita jauh sebelum lahir ke dunia,” terangnya.

Pada tahun 2018 ia mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) International Networking Humanitarian sekaligus pada tahun yang sama juga mendirikan portal berita Gaza Media.

“Saya mendirikan portal berita tiga Bahasa untuk menyalurkan informasi kepada dunia International tentang bagaimana situasi terkini di Palestina,” terangnya.

Menurutnya, media tersebut dibangun untuk memberikan porsi yang berimbang mengenai kondisi sebenarnya perjuangan masyarakat di negeri para rasul tersebut.

“Gaza media ini hadir untuk memberikan pemberitaan yang sesuai dengan fakta kejadian di Gaza dan sekaligus untuk media pembelajaran jurnalistik yang sesuai dan benar bagi pemuda bahkan anak-anak disana,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan untuk pemuda Aceh agar berjuang semampunya dengan cara apapun sesuai bidangnya masing-masing. Berjuang tidak mesti harus berperang kesana, tetapi bisa dengan doa, sebarkan informasi, dan donasi.

“Dengan tanpa kita, masjidil Aqsa tetap akan merdeka, itu sudah sunnatullah dan pasti akan terjadi. Akan tetapi ada dimanakah kita, apakaah diposisi barisan dalam perjuangan atau hanya menjadi sebagai penonton saja?,” jelasnya.

Pendiri dan Pimpinan Gaza Media tersebut juga berharap agar semua masyarakat dan pemuda Aceh bisa sama-sama dalam barisan perjuangan untuk membela ummat muslim dan negeri para rasul. []

No comments