Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Gelar Seminar Internasional

Share:



WASATHA.COM, Banda Aceh -
Puluhan mahasiswa dan dosen se-Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengikuti Seminar Internasional dengan tema “Epistemologi Islam dan Barat di Era Kontemporer” yang digelar oleh Prodi Aqidah dan Filsafat Islam pada Kamis (21/3/2019) di Aula fakultas setempat.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry, Dr Fuadi M.Hum.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa seseorang harus mampu berfikir untuk kemajuan bangsa dan harus sejalan dengan pemikiran-pemikiran dalam ketentuan agama Islam.

“Fungsi agama adalah fokus untuk kemajuan suatu peradaban dan Agama juga merupakan sumber dari pemikiran-pemikiran para filsuf Islam zaman dulu,” ujarnya.

Ia juga berharap, kedepannya harus ada para pemikir-pemikir yang cendekia dari Fakultas Ushuludin dalam memperjuangkan idenya serta mengimplemtasikan dalam masyarakat sosial sesuai dengan kententuan ajaran Islam.

Sementara itu, Mawarni, Mahasiswi yang mengikuti acara tersebut mengatakan memperoleh banyak ilmu tentang perkembangan pemikiran yang ada dalam dunia kontemporer sekarang ini.

“Dalam seminar ini saya memperoleh ilmu baru tentang pemikiran dalam dunia kontemporer sekarang. Pengetahuan menurut agama Islam ialah proses menelusuri dan mencari kebenaran, bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan pengetahuan, akan tetapi ada perbuatan untuk merubah fenomena sosial yang lebih baik dalam masyarakat,” jelasnya seusai acara.

Prof Syamsul Rijal, Akademisi UIN Ar-Raniry dan Prof  Abdel Aziz Abbasy, Direktur Sadra International Institute, menjadi pemateri dalam seminar yang bertajuk “Espitemologi Islam dan Barat di Era Kontemporer” tersebut. []


No comments