Tujuh Khasiat Buah Anggur Aceh Untuk Kesehatan

Share:
Foto Google
ACEH Besar merupakan tempat destinasi yang tepat untuk para wisatawan, lebih-lebih pada bulan Juli dan Agustus. Pada bulan tersebut, kita tidak hanya bisa menikmati pesona alam yang memukau dan peninggalan masa lalu yang bernilai historis yang tinggi, tetapi juga bisa menyantap buah jamblang langsung dari pohonnya. 
Orang Aceh menyebut buah dari suku jambu-jambuan ini dengan nama “Jambee kleng atau anggur Aceh.
Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium cumini tersebut banyak tumbuh di perbukitan Lamreh yang konon dulunya merupakan situs Kerajaan Lamuri. Buah jamblang yang dipetik dan dimakan itu berasal dari kebun raja.
Bukit Lamreh yang kini ditumbuhi ratusan pohon jamblang dulunya merupakan Kesultanan Lamuri. Kerajaan ini lahir pada abad IX Masehi dan menjadi tempat pertama sekali saudagar dari Arab dan India datang untuk berdagang dan menyebarkan ajaran Islam. Karenanya, meski pada tahun 943 Masehi, Lamuri telah berhasil dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya, seluruh penduduknya tetap beragama Islam.
Lamuri yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini juga menjadi cikal bakal lahirnya Kerajaan Aceh Darussalam.
Buah berwarna hitam menghasilkan rasa asam, manis, dan sepat itu memang sangat diminati. Garam, cabai, dan  pliek ue menjadi pelengkap untuk menikmati buah ini.
Berikut khasiat dari buah Anggur Aceh ini :
Pertama, Senyawa jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin merupakan senyawa-senyawa yang mampu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula. Inilah sebabnya mengapa buah jamblang menjadi salah satu herbal alami bagi penderita penyakit diabetes.

Kedua, Senyawa flavonoid dan antioksidan ditemukan cukup tinggi dalam buah jamblang. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.Oleh karena itulah banyak orang menggunakan jamblang sebagai herbal alami anti kanker. Selain itu juga mampu melindungi enzim anti oksidan. Kandungan senyawa fenolat yang cukup tinggi dengan aktivitas dari anti oksidan yang juga cukup tinggi.

Ketiga, Kandungan gizi lainnya seperti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. Berbagai nutrisi ini menunjukkan bahwa buah jamblang juga memberikan khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Keempat, Senyawa kimia lain yang juga cukup banyak ditemukan di buah jamblang seperti minyak atsiri, resin berwarna merah tua yang kaya dengan kandungan asam elagat, asam organic, tannin dan juga triterpenoid.

Kelima, Menjaga kesehatan jantung, Kandungan unsur kalium yang tinggi di dalam buah jamblang menyebabkan buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin memiliki kondisi jantung yang sehat.

Keenam, Menjaga kecantikan kulit, Buah jamblang kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin C yang akan dapat membantu pembentukan kolagen di dalam kulit. Oleh karena itulah, mengkonsumsi buah jamblang akan membantu merawat kulit akan lebih tampak awet muda dan cantik.

Ketujuh, Sebagai anti bakteri, Buah jamblang juga terbukti mampu membunuh berbagai bakteri saat terjadi diare, terjadinya infeksi mulut, infeksi kulit dan sebagainya. [Aswaton Hasanah] / Tek