Si Ceka, Maskot Pionir VIII

Share:
[FOTO : wasatha.com/Adam]

UIN Ar-Raniry yang menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Ilmiah, OlahRaga, Seni dan Riset (PIONIR) VIII memperkenalkan maskotnya, di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry, Kamis (20/04/2017).

Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 26 April hingga 1 Mei 2017 ini dimeriahkan oleh 56 Kampus PTKI se-Indonesia.

Para panitia pelaksana memperkenalkan dengan cara berkeliling lingkungan kampus UIN Ar-Raniry, dari fakultas ke fakultas lainnya.

Maskot yang digunakan untuk event besar ini, di beri nama “Si Ceka”. Ceka merupakan seekor burung khas dari Aceh.

Ceka (burung Cempala Kuning) merupakan identitas Fauna Aceh yang sekarang sudah kurang diketahui oleh masyarakat. Burung ini sudah menjadi kebanggan masyarakat Aceh sejak zaman kesultanan. Bahkan banyak syair atau hikayat yang mengisahkan tentang burung ini.

Panitia Pelaksana Pionir mengatakan, pihaknya sengaja menjadikan burung ini sebagai maskot untuk kegiatan Pionir ini, agar masyarakat tidak lupa dengan burung khas tanah Rencong ini.

“Untuk mengingatkan kembali icon Aceh yang sudah mulai dilupakan, maka itu kami membangkitkan kembali ingatan masyarakat aceh tentang  burung ini agar generasi muda mengetahui burung khas Aceh ini.” Ujar panitia pelaksana.

Ia juga menambahkan, pada maskot pionir UIN Ar-Raniry kali ini ditambahkan kain songket khas aceh di bagian pinggang maskot, hal ini agar dpat membangkitkan ciri khas Aceh, dan nantinya akan dikenal oleh orang banyak. [M.Fadhil dan Jandika Putra] / Tek