Mencicipi Empek-Empek, Tak Perlu Ke Palembang

Share:

(Foto: Wasatha/Emy)
Mecicipi empek empek, saat ini tidak harus ke Palembang atau Lampung, Sumatra Selatan. Di Aceh, kuliner ini dapat Anda nikmati sepuasnya, plus dengan harga terjangkau.

Tepatnya di belakang Masjid Oman, Lampriet, Banda Aceh. Di sana, Mulyadi bersama Mariati, isterinya, membuka usaha kuliner khas Palembang tersebut dan memberi nama Empek-Empek Suka Dana .

“Kami asli orang Aceh dan merantau lama di Lampung,  jadi ilmunya kami terapkan di sini dengan membuka usaha kuliner khas Lampung itu,” ujar Mariati saat ditemui, Jum’at (7/4/2017).

Ada tiga macam jenis empek-empek yang dijualnya di sini. Mulai dari jenis kapal selam, empek lenjer dan empek adaan. Untuk harga, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup dengan Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000 per porsinya, Anda sudah dapat menikmati kuliner khas Palembang tersebut.


Empek empek merupakan penganan yang berbahan dasar tepung kanji yang diolah dan dicampuri menggunakan ikan yang digiling. Ikan Belida menjadi ciri khas yang biasanya digunakan untuk bahan kuliner ini, namun karena populasi ikan tersebut menurun maka diinovasikan dengan ikan ikan lain yang rasanya tak kalah dengan citra rasa empek empek tersebut.

Usaha tersebut baru berjalan selama 6 bulan, terhitung sejak Oktober 2016 yang lalu. Omzet per hari mencapai Rp. 200 ribu.[Cut Maulidar Fajriana]/Ron