Perdana di Pionir, Musabaqah Qira’atil Qutub Diikuti 58 Peserta

Share:
FOTO : wasatha.com / 
CABANG perlombaan Musabaqah Qira’atil Kutub ini,  perdana dilaksanakan pada Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset ( PIONIR) VIII, yang dilaksanakan di Ruang Kuliah Umum (RKU) Fakultas Syariah dan Hukum, Jum’at (28/042017).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27-29 April 2017 diikuti 58 peserta diantaranya 35 qori dan 23 qoriah yang berasal dari masing-masing kontingen.

Babak penyisihan perlombaan ini akan di umumkan pada pukul 18.30 sore ini dan akan di pilih tiga qori dan tiga qoriah terbaik yang akan menguji kemampuannya di final, yang akan digelar Sabtu besok (29/04/20017).

Pada perlombaan ini para peserta di berikan waktu untuk membaca kitab dan memperhatikan makrajnya.

“Peserta membaca kitab selama 5 menit , makrajnya ditentukan saat berada dipodium kemudian 3-4 menit peserta menterjemahkan ke bahasia Indonesia apa yang sudah dibacakan tadi, 3 menit terakhir tanya jawab tentang nahu sorohnya, kaidah-kaidah bahasanya, dan penafsiran kontekstual dengan kondisi kekinian,” Ujar Effendi selaku Official perlemboaan.

Ia juga menambahkan, bahwa juri perlombaan ini bervariasi bukan hanya dari UIN Ar-Raniry, melainkan ada dari IAIN Malikulsaleh dan UIN Jakarta,  yang memiliki kemampuan yang kompeten.

Penyerahan penghargaan dalam perlombaan ini akan di berikan oleh salah satu pimpinan UIN Ar-Raniry.

Ia juga berharap, pihak juri harus menilai dengan murni dan tidak melihat peserta dari almamater mana. [Cut Maulida]/Tek