Keindahan Air Terjun 7 tingkat Kuta Malaka

Share:

Foto Air Terjun 7 Tingkat Kuta Malaka


BERBICARA mengenai tempat wisata di Aceh memang tidak akan  pernah habis, kali ini kita akan Membahas mengenai keindahan sebuah Air terjun 7 tingkat yang berada di Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Lokasi Wisata tersebut dapat ditempuh lebih kurang 30 km dari Kota Banda Aceh. Pada awal perjalanan  menuju ke kawasan Samahani Akses Jalan menuju Objek wisata itu masih terasa sangat mulus, aman dan nyaman. Di sepanjang jalan   kita akan melihat hamparan sawah hijau  yang terbentang luas, selain itu di sebelah kanan jalan raya, tepatnya di Desa Tumbo Baro terlihat ada dua jalur yang panjangnya sekitar 150 meter.  Melalui Akses jalan tersebut lokasi Objek Wisata Air Terjun 7 tingkat di Kuta Malaka dapat ditempuh, sebelum  sampai disana kita akan melewati Desa Lam Ara kurang lebih 1 km dari perjalanan tersebut. Akses jalan Sepanjang 5 km menuju Kuta Malaka masih berlapis dengan tanah merah, sebelum itu juga kita akan melewati beberapa anak sungai, Sungai yang  tidak terlalu dalam dan  airnya terasa begitu sejuk.

Ketika saat kami  melakukan perjalanan kesana  terlihat sedang ada proyek pembagunan Jembatan, jadi mau tidak mau harus melewati anak sungai untuk sampai ke tempat tujuan. Belum habis sampai disini setelah melewati beberapa anak sungai tersebut  kita akan menjumpai pintu gerbang atau gapura, disini ada petugas yang berjaga-jaga sekaligus menjual tiket untuk masuk. Biaya untuk Masuk kesana Cukup hanya mengeluarkan uang Rp. 5000 per motor. Setelah itu baru  kita dapat  menikmati Keindahan air terjun 7 tingkat  yang terlihat sampai di  puncak Kuta Malaka yang di kelilingi dengan bukit barisan.

Disini kita harus berhati-hati karena  jalan yang ditempuh sudah mulai berkelak-kelok dan agak licin. Untuk menuju ke air terjun Kuta malaka kita harus berjalan sejauh 200 meter kedalam  hutan dengan menaiki anak tangga,  setelah itu kita akan mendengar  suara burung  di dalam hutan tersebut dan air terjun Kuta Malaka yang mulai terdengar membuat semnagat dan Rasa untuk segera sampai dan melihat langsung air terjun nan indah itu.

Sebelum itu kita juga akan mendaki beberapa bukit yang dikelilingi dengan padang rumput di sepanjang pinggir bukit, dan sungguh ini sangat melelahkan rasanya. Di depan pintu masuk ke air terjun juga terdapat bangunan  seperti kantin, toilet, tempat berwudhu dan mushalla.

Dan akhirnya, perjalanan yang sangat ekstrem itu  terbayar dengan keindahan alam yang tersembunyi didalamnya, salah satu  ciptaan Allah yang luar biasa bak surga alam di bumi Aceh,  air yang berwarna biru dan terasa sangat sejuk membuat nafas lega dan tak ingin beranjak pulang dari sana. Keindahan yang tersembunyi dari Air Terjun ini belum banyak menarik perhatian masyarakat untuk mengunjuginya,  dikarenakan menurut Informasi pegunungan Kuta Malaka ini dulunya adalah basis Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Sehingga masyarakat takut mengunjungi tempat ini untuk menikmati dapat  keindahan Alamnya, setelah konflik dan Tsunami berakhir barulah pemerintah kabupaten Aceh Besar mulai menjadikannya tempat wisata menjadi objek wisata baru di Kabupaten Aceh Besar. [Eka Yuliyastika]