Ramadhan Sebentar Lagi, Yuk Beli Buku Filosofi Puasa!

Share:
STAF pengajar juga santri di Pesantren Ummul Ayman Samalanga Bireuen, Abdul Hamid Lc, kembali menerbitkan buku seri motivasi Islam. Kali ini, ia membidik momentum bulan Ramadhan dengan judul buku berjudul “Filosofi Puasa”.
Buku ketiga karya Abdul Hamid ini merupakan buku baru yang diterbitkan penerbit di Kota Banjarmasin. “Ini buku ke empat saya. Sekaligus buku ke dua yang berhasil saya rampungkan di awal tahun 2016,” katanya seperti diberitakan Serambi, Kamis (12/5).
Menurutnya, misi utama dari buku “Filosofi Puasa” untuk mengajak umat Islam untuk memahami hikmah yang dikandung bulan puasa. 

“Syariat puasa itu bukan semata-mata pembawa petaka lapar dan dahaga. Bukan semata-mata bulan yang mengandung kebaikan dan limpahan rahmat Tuhan. Tapi mengandung berbagai macam makna yang menentramkan jiwa,” katanya.
Di antara makna yang dikandung ibadah puasa, menurut Abdul Hamid adalah mengingatkan manusia akan arti kemerdekaan hakiki. 

“Kemerdekaan sejati itu bukanlah ketika seseorang terlepas dari aturan dan undang-undang dalam hidupnya. Karena kadang-kadang untuk memperoleh kemerdekaan, kita harus mengikat diri dengan peraturan dan undang-undang,” jelasnya.
Staf pengajar juga santri di Pesantren Ummul Ayman Samalanga Bireuen ini menamsilkan, orang sakit, dokter menyarankan kepadanya untuk tidak makan makanan tertentu dan minum obat tepat waktu. Jika orang sakit tersebut ingin segera sembuh, maka ia harus mengikatkan diri dengan peraturan dokter itu; tidak mangosumsi makanan tertentu. Tujuannya untuk mewujudkan kemerdekaannya bisa melahap segala makanan yang ada setelah sembuh nanti.
Buku keempat karya Abdul Hamid mendapat pengantar dari ulama besar sekaligus intelektual Islam Indonesia, Prof. Dr. K. H. Said Aqil Siradj.
Untuk mendapatkan buku tersebut, saat ini sudah tersedia di toko buku New Zikra, Banda Aceh. 

“Bisa langsung via saya dan langsung mendatangi toko New Zikra untuk mendapatkan buku ini, sebagai bekal menghadapi puasa Ramadhan,” katanya.

Facebook : Abdul Hamid M Djamil