Wajib Coba! Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Ala Anak Rantau

Foto Google

KEHIDUPAN manusia di zaman sekarang ini, memungkinkan tidak ada orang yang tidak pernah keluar dari kampung halamannya seperti jalan-jalan, merantau, bahkan mencari pendamping hidup.

Imam syafi’i berkata melalui syairnya” orang yang berilmu dan beradab tidak akan diam beristirahat dikampung halaman keluarlah dari negerimu dan hidup asing dinegeri orang, merantaulah kamu akan mendapatkan pengganti dari orang yang kamu tinggalkan”.

Untuk mereka yang sudah terbiasa berpergian baik melalui jalur darat, udara, perairan, satu keadaan yang tidak bisa dihindari dan mengganggu kesenangan, juga merepotkan orang-orang disekitar ialah saat kita mabuk.

Mabuk disini bukanlah mabuk dikarenakan mengkosumsi barang-barang ilegal yang dilarang oleh hukum yang berlaku, melainkan karena beberapa hal yang anda perbuat sehingga anda terkena mabuk darat, udara, atau mabuk laut.

Untuk menghindari muntah sembarang tempat, yang membuat mut dan selera anda hilang, moment yang seharusnya dinikmati, menjadi peristiwa buruk dan membuat orang-orang mundur walaupun keinginan ini sudah terpendam lama. Ini beberapa tips untuk mengatasinya.

Tips Mengurangi Rasa Mual atau Mabuk

Pertama, Cobalah menempelkan sesuatu yang hangat-hangat pada pusar anda sebelum bepergian seperti koyok atau sejenis lainnya (yang ditempel pada kepala, gigi saat sakit menghampiri), dengan adanya koyok tersebut, dapat mengontrol udara yang masuk secara berlebihan dan  membuat kita langsung muntah. Koyok juga memberikan kenyamanan karena kehangatan yang terkandung didalamnya (pilihlah koyok yang hangatnya sederhana).

Kedua, Membawa minyak olesan, tentunya mengandung manfaat yang besar dan berguna saat dipakai ketika berpergian seperti balsem, minyak angin oleskan pada bagian kepala, leher dan perut tentunya jangan pernah meninggalkan koyok di pusar anda.

Ketiga, Agar anda tetap nyaman diperjalanan cobalah memakai pakaian yang longgar, bukan berarti terbuka melainkan pakaian yang membuat anda nyaman agar tidak megundang hal-hal yang tidak diinginkan.

Keempat, Jika hendak berpergian, cobalah mengkosumsi makanan yang ringan terutama makanan pokok terlebih dahulu (nasi) untuk menghindari agar anda tidak masuk angin saat perjalanan,  tahanlah selera anda untuk menikmati makanan apa yang anda lihat saat perjalanan karena hal ini dapat mengundang isi perut anda kembali keluar.

Kelima, Untuk anda yang berpergian dengan mobil, bus,  pesanlah tempat yang strategis seperti dipinggir jendela, selain kenyamanan lebih terasa juga dapat menghilangkan risih, rasa tidak nyaman berdekatan dengan orang lain.

Keenam, Jangan pernah memakai wangi-wangian yang menyengat didalam kendaraan, hal ini dapat memicu orang yang disamping kita muntah, atau mungkin diri kita sendiri muntah karena udara yang masuk sedikit dan terbatas.

Ketujuh, Jangan pernah lupakan obat, pil yang sewaktu-waktu dapat membantu mendukung perjalanan anda, tetaplah membawa serta didalam tas atau saku baju dan celana, rok yang mudah untuk digapai dan diambil sebagai pertolongan tingkat lanjut ketika diperjalanan.

Perjalanan kita nyaman, menyenangkan, pengalaman bertambah dan memberikan kesan baik tidak perlu takut bepergian. Dimana ada masalah disitu ada solusi. [Marni Marsa Sagala]/Tek

Baca Juga:

Tidak Ada Lahan Untuk Berkebun Dirumah? Ini Solusinya!

Wajib Coba! Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Ala Anak Rantau Wajib Coba! Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Ala Anak Rantau Reviewed by WASATHA on Mei 19, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.